HOME| Komunitas & Hobi|

PIANO

Fazioli, piano terbaik bagi para profesional

oleh : Agus Triyono | Minggu, 16 April 2017 | 09:56 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Fazioli, piano terbaik bagi para profesional

WALAU bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, piano bukan merupakan alat musik yang asing. Tapi, tidak banyak yang tahu nama Fazioli. Padahal, di jagat musik piano dan kalangan pianis terkemuka dunia, Fazioli dianggap sebagai piano terbaik dunia. Majalah ekonomi terkemuka, The Economist juga pernah mencatatkan Fazioli sebagai piano terbaik dunia.

Sang kreator, Paolo Fazioli mengatakan, piano Fazioli memang tidak dibuat sembarangan. Menurut pria kelahiran Roma, Italia ini, piano Fazioli dibuat dengan filosofi dan ditujukan untuk pianis profesional. "Piano yang kami buat memang ditujukan untuk mereka yang menggunakan piano untuk tujuan profesional, performance," katanya saat berkunjung ke Jakarta, Indonesia pada Rabu pekan lalu.

Piano Fazioli juga dibuat dengan standar tinggi. Dalam pembuatannya, Fazioli mengaku juga melibatkan Profesor Guglielmo Giardano yang ahli di bidang perkayuan. Juga Profesor Righini, seorang ahli teknologi dan akustik.

Alhasil, kualitas suara yang dihasilkan piano Fazioli tidak diragukan. Selain itu piano Fazioli juga dibuat dengan nilai estetika yang tinggi. Ini terlihat dari engsel piano yang bersepuh emas 24 karat dan tampilan piano yang anggun.

Namun bagi pria yang kini berusia 73 tahun itu, sepuhan 24 karat bukan hanya mempertimbangkan sisi kemewahan semata. Sebab selama ini orang hanya melihat piano dari suara dan bagian luarnya saja tanpa melihat bagian dalam. "Kami memilih material emas bukan hanya untuk alasan kemewahan, tapi juga nilai estetika. Emas bisa terhindar dari proses oksidasi atau penghitaman sedangkan bahan lain tidak," ujar Paolo Fazioli.

Lantaran keanggunannya, tak heran bila piano buatan Fazioli menghiasi sejumlah tempat ternama seperti Istana Sultan Brunei dan Hotel Fairmont di Kanada.

Jumlah produksi piano Fazioli pun tidak sebanyak piano pabrikan. Per tahun, produksi piano yang harganya berkisar Rp 1,5 miliar-Rp 6 miliar itu hanya 140 unit. Model piano Fazioli yang paling besar adalah Fazioli tipe F308 yang memiliki tinggi 100 cm, serta panjang dan lebar masing-masing 308 cm dan 158 cm. Berat piano yang memiliki empat pedal ini mencapai 570 kilogram.

Sedangkan unit termahal bertipe Fazioli M. Liminal hanya ada 10 instrumen atau 10 unit saja. Piano yang berwarna kombinasi hitam dan silver ini satu diantaranya, mejeng di showroom The Grand Signature Piano di Plaza Indonesia lantai 3. Selain di Plaza Indonesia, Fazioli sudah ada di Indonesia sejak tahun 2014. Kala itu, keluarga Panigoro membelinya untuk Gedung konser Soehanna Hall di Energy Building.

Ananda Sukarlan, pianis Indonesia kenamaan yang namanya masuk dalam The Outstanding Musician of The 20th Century bilang, piano Fazioli memang luar biasa.Ananda bahkan merekam CD pertamanya dengan Piano Fazioli di Belanda pada tahun 1993 silam, Menurutnya konstruksi kayu dan komponen Fiazoli berbeda dan menghasilkan suara yang berkualitas.

Helen Gumantis, pianis dan pendiri The Grand Signature Piano juga bilang kualitas suara yang dihasilkan dari piano Fazioli sangat mengagumkan.



0 Komentar
Salin Tulisan