Festival Bakar Tongkang 2018 gaet 69 ribu turis

Minggu, 01 Juli 2018 | 21:57 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Festival Bakar Tongkang 2018 gaet 69 ribu turis

ILUSTRASI. Festival Bakar Tongkang


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Provinsi Riau berhasil menggaet sebanyak 69 ribu wisatawan dari penyelenggaraan Festival Bakar Tongkang 2018 di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman mengatakan, dari data sementara ada sebanyak 69 ribu wisatawan yang telah berkunjung. Angka tersebut terdiri dari 40 ribu wisatawan nusantara (wisnus) dan 29 ribu wisatawan mancanegara (wisman).

“Tahun ini ada peningkatan sekitar 30% dari perolehan pengunjung tahun lalu yang hanya sekitar 52 ribu pengunjung baik dari wisman maupun wisnus” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (1/7).

Menurutnya, data ini didapatkan dari perhitungan berdasarkan jumlah kamar hotel dan jalur pintu masuk transportasi.

Sementara Esthy reko Astutu, Ketua Pelaksana Top 100 calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata merasa sangat antusias menyambut prosesi Bakar Tongkang mengingat acara tersebut telah terbukti menjadi salah satu atraksi utama pariwisata Indonesia.

“Saya selalu bersemangat menyambut acara ini, karena selalu sukses dalam penyelenggaraan dan selalu sukses menyedot wisatawan datang berkunjung” tuturnya.

Menurutnya, Festival Tongkang merupakan acara budaya diselenggarakan guna memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke Bagansiapiapi pada tahun 1820.

“Perlu diketahui bahwa melalui ritual ini masyarakat Tionghoa juga berjanji untuk mengembangkan diri di kota yang punya julukan Hong Kong Van Andalas ini” tutupnya.

Hingga tiba acara puncak yakni replika tongkang yang jatuh ke arah laut karena masyarakat Tionghoa yang mengikuti acara tersebut percaya bahwa rezeki akan datang dari laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru