Festival Seni Yogyakarta berlangsung dua pekan

Sabtu, 29 Juli 2017 | 14:30 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Festival Seni Yogyakarta berlangsung dua pekan


JAKARTA. Travelista, bersiap-siaplah untuk menyambut event kesenian terbesar di Yogyakarta akhir bulan Juli 2017 ini. Agendakan untuk datang ke Yogya. 

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2017 digelar mulai 27 Juli hingga 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Jalan Parangtritis KM 5,5 Bangunharjo, Bantul, Yogyakarta. FKY 2017 ini adalah yang ke-29 kali digelar di Yogyakarta. 

Tema tahun ini adalah Umbar Mak Byarr. Tahun lalu Sleman yang menjadi tuan rumah, tahun ini Kabupaten Bantul. Karena itulah pusat kegiatan di Planet Pyramid yang masuk wilayah Bantul.

Acara FKY diawali dengan Pawai dan Pembukaan. Pawai digelar pada 27 Juli 2017 di Malioboro. Pawai ini akan dimeriahkan oleh Total Perkusi feat Dominique Naura.

Sedang pembukaan FKY29 dilakukan 27 Juli 2017 pada pukul 19.00 - 21.30 WIB di Planet Pyramid. Di Planet Pyramid ini pula Pasar Seni FKY, Bioskop FKY, Teater, Sastra, Pameran Perupa Muda, berbagai lomba, workshop seni, wayang kulit dan agenda kesenian lainnya digelar.

Pembukaan FKY 29 akan dimeriahkan oleh GAMELAN SEKAR WANGI Ngibikan, Canden Jetis Bantul, TARI PINK CAVALERI, Katana Dance dan Jogja HipHop Foundation. "Silakan berwisata ke Yogyakarta, kota budaya yang kental dengan tradisinya yang khas," ajak Menpar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (28/7).

Travelista bisa mencatat detail kegiatan dan bentuk acaranya seperti apa. Bioskop FKY misalnya. Ini adalah program yang fokus pada film dalam Festival Kesenian Yogyakarta (FKY). Program ini hadir untuk merespon perkembangan pergerakan film di seluruh Indonesia, termasuk Yogyakarta. Bioskop FKY menampilkan film-film pendek yang inspiratif sekaligus mengajak kita untuk berpikir.

FKY juga menjadi ajang promosi bagi seniman muda. Bakat-bakat muda dimatangkan dalam event ini. Seperti dalam Pameran Perupa Muda (Paperu) dalam FKY kali ini. Para perupa yang akan tampil, diseleksi. Sebanyak 53 seniman yang lolos seleksi tampil dalam pameran yang mulai digelar 31 Juli - 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid.

Di antara yang lolos seleksi dalan Paperu kali ini adalah Agapitus Ronaldo, Ahmad Oka, Harry Arafat, Iwank, Pandu Mahendra, Rudy Atjeh, dan Roy Adhitya.

FKY digelar pertama kali pada tahun 1989, bersamaan dengan pembukaan Monumen Jogja Kembali (Monjali). Setelahnya, FKY digelar secara rutin tiap tahun dengan tempat perhelatan yang berbeda-beda.

Seiring dengan pesatnya kemajuan ekonomi dan semakin urbannya wajah Yogyakarta, FKY tidak semata panggung bagi kesenian tradisonal, tapi juga menjangkau berbagai hal yang berbau kontemporer. Istimewanya, event kesenian ini tak semata menjadi milik seniman, tapi juga seluruh warga Yogya dari berbagai penjuru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru