HOME | Tokoh |

MANUFAKTUR

Formula Shinta Kamdani sukses jadi CEO dan ibu

oleh : Andy Dwijayanto | Kamis, 20 Juli 2017 | 21:11 WIB

Formula Shinta Kamdani sukses jadi CEO dan ibu

JAKARTA. Peran perempuan khususnya di sektor industri memang terbilang masih minim. Sangat jarang perempuan-perempuan yang menjadi pimpinan perusahaan yang bisa mengatur manajemen dengan baik.

Salah satu perempuan yang menempati posisi puncak di perusahaan adalah Shinta Kamdani. Ibu empat orang anak itu, saat ini menjabat sebagai CEO Sintesa Group yang memiliki empat lini bisnis mulai dari consumer goods, industrial, properti dan energi.

Menurutnya hidup sebagai perempuan di Indonesia harus berdamai dengan ekspektasi-ekspektasi lingkungan. Perempuan di Indonesia biasanya terpaku pada ekspektasi orang tua dan lingkungan mengenai apa yang harus dan tidak harus dilakukan.

"Sebagai wanita karir, untuk bisa mencapai di puncak karir adalah pengorbanan, karena orang berekspektasi kami akan jadi apa," ujarnya pada acara WonderTech di Kantorkuu-Agro Plaza, Jakarta, Kamis (20/7).

Menurutnya sebagai perempuan, dirinya harus menemukan formula untuk bisa mencapai ekspektasi tersebut sekaligus menjalankan personal life. Dirinya berkisah, orang tuanya sejak kecil menginginkannya untuk memiliki banyak anak sekaligus menjalankan bisnis keluarga.

"Saya pikir saya belajar dari situ dan mencopa mencapai ekspektasi itu, tetapi disisi lain menikmatinya. Itu adalah formula untuk bisa menikmati (hidup) saya senang karena Tuhan berikan saya empat orangĀ anak," lanjutnya.

Menurutnya, bila menikmati hal dengan seimbangkan peran di perusahaan dan keluarga maka wanita sangat bisa di level tertinggi perusahaan. Nyatanya, saat ini dirinya menjadi CEO yang membawahi banyak lini bisnis.