Fox hentikan American Idol setelah season 15

Selasa, 12 Mei 2015 | 15:41 WIB Sumber: money.cnn
Fox hentikan American Idol setelah season 15


Reality show musik paling terkenal di dunia, American Idol akan kembali tayang Januari mendatang. Namun, Senin kemarin  (11/5) Fox mengumumkan, Americon Idol Season 15 itu akan menjadi season terakhir.   

American Idol season perpisahan itu tetap akan didukung oleh Jennifer Lopez, Keith Urban dan Harry Connick Jr. sebagai juri. Sementara Ryan Seacrest tetap sebagai host.

Pengumuman akan berakhirnya American Idol  dilakukan dua hari sebelum final American Idol season 14.  Biasanya, dua pertujukan final  - pertunjukan penampilan finalis dan pengumuman pemenang – menjadi show dengan rating tertinggi dalam sebuah season American Idol. Dus, pengumuman berakhirnya American Idol kemungkinan bakal mengerek ratingnya pekan ini.  

Amerikan Idol pernah menjadi pengerek rating dan mesin  uang bagi Fox. Berdasar data Nielsen, sepanjang 2003 - 2011 secara rata-rata setiap season  “Idol” telah ditonton  20 juta penonton. 

American Idol mencetak kinerja tertinggi dengan rata-rata 31 juta penonton di 2006. Selanjutnya, “Idol’ bertahan sebagai top program televisi  selama 8 season berturut-turut.

Namun, sejak itu ratingnya merosot tajam. Pada Idol season terakhir pemirsanya hanya 10,3 juta. Untuk season tahun ini, hingga pekan ini Idol hanya berhasil menarik 9 juta penonton.

Idol pun kini hanya mampu menduduki posisi ke-20 dalam daftar program televisi yang paling banyak ditonton. Americak Idol  tak lagi menjadi program andalan Fox, kalah bersaing dengan program drama terbaru, Empire.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mesti Sinaga

Terbaru