Google translate kian permudah penggunanya

Kamis, 30 Juli 2015 | 14:55 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Google translate kian permudah penggunanya


JAKARTA. Jika Anda tengah berada di sebuah destinasi yang asing, Anda tidak memiliki koneksi Internet dan menemukan rambu berbahasa Inggris yang tidak Anda pahami, Anda bisa mengandalkan aplikasi Google Translate di ponsel Anda.

Mulai hari ini, Kamis (30/7) pengguna Google Translate di Indonesia bisa menikmati teknologi visual yang bisa menerjemahkan teks secara real time, dan tidak membutuhkan koneksi Internet. Anda tinggal membuka aplikasi Google Translate di ponsel Android dan iOs, menekan ikon kamera, dan mengarahkannya pada teks Bahasa Inggris yang ingin diterjemahkan, misalnya rambu jalan, menu restoran, atau resep. Secara langsung, Anda akan melihat teks bertransformasi ke Bahasa Indonesia di layar ponsel.

“Kami sadar kalau pengguna paling membutuhkan alat penerjemah saat mereka jauh dari komputer, atau saat mereka tidak terhubung pada Internet, misalnya saat berwisata atau memesan makanan di restoran. Kami bekerja keras untuk terus memberi pengalaman baru sesuai kebutuhan pengguna, maka kami senang sekali bisa menyediakannya bagi pengguna di Indonesia,” kata Julie Catteau, Product Manager, Google Translate melalui siaran pers yang diterima KONTAN.

Indonesia menjadi satu dari 27 bahasa yang sekarang bisa menikmati teknologi ini. Selain itu, bagi pengguna di Indonesia, di mana koneksi Internet kadang tidak stabil, tim Google Translate juga telah memperbarui fitur mode percakapan menjadi lebih mulus dan netral pada koneksi Internet lemah. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam dua bahasa yang berbeda, yang kemudian akan diterjemahkan oleh Google Translate secara real time.

Setengah dari konten Internet tersedia dalam Bahasa Inggris, tapi hanya 20% dari populasi dunia yang fasih berbahasa Inggris. “Semoga usaha kami ini bisa membantu Anda berkomunikasi dan menemukan informasi yang Anda butuhkan, di mana pun dan kapan pun Anda membutuhkannya,” tambahnya.

Aplikasi Google Translate bisa diunduh di Play Store untuk ponsel berbasis Android dan di Apple Store untuk iOs.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru