Ini destinasi wisata di kota Denpasar

Sabtu, 23 Juli 2016 | 16:00 WIB Sumber: Kompas.com
Ini destinasi wisata di kota Denpasar


DENPASAR. Destinasi wisata tidak hanya didominasi pinggiran kota atau jauh dari perkotaan. Denpasar yang merupakan ibu kota Provinsi Bali memang dikenal padat aktivitas kehidupan masyarakat kota.

Jangan khawatir, di kota Denpasar yang disibukkan dengan aktifitas bekerja dan banyaknya gedung-gedung, ternyata wisatawam masih bisa menemui destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.

1. Monumen Bajra Sandhi

Monumen Perjuangan Rakyat Bali ini terletak di kawasan Lapangan Puputan Renon atau lebih dikenal dengan Lapangan Renon Denpasar. Lokasinya berhadapan dengan perkantoran Gubernur Bali, Gedung DPRD Bali dan beberapa perkantoran pemerintah dan swasta.

"Saya sudah dua kali datang ke sini. Setahun lalu barengan teman-teman kantor. Hari ini sama keluarga. Bagus, bagus, bangunannya kayak candi ya," kata wisatawan asal Bogor, Artika, di Denpasar, Jumat (22/7/2016).
Monmen Bajra Sandhi yang dibangun dengan ciri khas Bali ini bernilai artistik tinggi. Di monumen yang sering dikunjungi wisatawan terutama pelajar dari berbagai daerah di Indonesia, wisatawan akan menemukan nuansa lain di mana bangunannya yang berada di tengah lapangan, terlihat indah karena dilengkapi taman.

Di Monumen Bajra Sandhi, wisatawan akan mendapatkan gambaran miniatur Bali dari beberapa zaman.

2. Pantai Sanur

Pantai Sanur terletak di timur pusat kota Denpasar. Di Pantai Sanur terdapat beberapa pantai terkenal sepanjang kawasan Sanur di antaranya ada Pantai Padang Galak, Pantai Sindhu, Pantai Mertasari dan pantai lainnya.

Wisata di Pantai Sanur cukup hemat, di samping wisatawan bebas tiket masuk dan hanya membayar parkir kendaraan saja, harga aneka jajanan di pantai ini juga lumayan murah. Seperti rujak, tipat cantok, lumpia bumbu kental dan jajanan lainnya pada kisaran harga Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

"Wisata murah meriah. Mumpung saya libur kerja, saya ajak anak-anak ke sini," kata wisatawan lokal, Ketut Panca.

Di tempat ini juga dilengkapi dengan pasar seni yang menjual aneka kaus, baju dan pernak-pernik khas Bali. Harganya juga tidak jauh beda dengan yang dijual di pasar oleh-oleh.

3. Tahura Ngurah Rai

Tahura atau Taman Hutan Raya Ngurah Rai adalah taman mangrove yang lokasinya berada di kawasan Desa Suwung, Kecamatan Denpasar Selatan. Di Tahura ini masyarakat akan dapat menikmati hutan mangrove dengan menelusuri jalan yang terbuat dari papan kayu.

Di tengah hutan mangrove dapat ditemui bangunan kayu bertingkat yang bisa difungsikan untuk melihat seluruh hutan mangrove yang ada.

Selain untuk wisata keluarga, tempat ini juga dijadikan lokasi memancing karena hutan ini berbatasan dengan Teluk Benoa yang banyak iklannya.

4. Museum Bali

Museum Bali salah satu kebanggaan masyarakat Bali yang dibangun sudah puluhan tahun lalu. Bangunan bergaya artistik Bali ini banyak menyimpan benda-benda sejarah dari zaman Bali kuno, zaman Bali pertengahan dan zaman Bali baru. Koleksi yang ada seperti pusaka, peralatan upacara adat, berbagai kerajinan kuno, dan lainnya.

Lokasi Museum Bali berada di Jalan Mayor Wisnu. Pada bagian selatan museum terdapat Pura Agung Jagatnatha, sedangkan lapangan Puputan Badung dan Patung Empat Wajah (Patung Catur Muka) berada di depan Museum Bali.

Banyak acara yang memanfaatkan lokasi ini seperti dialog seni, pameran seni dan lukisan serta berbagai acara lain yang masih berjuang seni dan budaya.

5. Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha Denpasar terletak berdampingan dengan Museum Bali, bisa dikatakan satu halaman. Pura ini adalah tempat ibadah umat Hindu yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat langsung suasana persembahyangan.

Jika wisatawan yang akan masuk ke dalam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, berpakaian sopan, tidak boleh pakai celana pendek, memakai sarung atau kain dan harus mengikat selendang ke lingkaran pinggang yang disediakan pengelola Pura (jika tidak membawa dari rumah).

Yang juga harus diperhatikan adalah bagi wanita yang datang bulan (haid) dilarang masuk untuk menjaga kesucian Pura. Wisatawan yang datang tidak hanya dari domestik saja tapi juga wisatawan asing yang sering diajak pemandu wisata untuk masuk ke dalam Pura Agung Jagatnatha.

Jika kita telusuri lagi, masih banyak tempat-tempat yang dapat direkomendasikan sebagai destinasi wisata di kota Denpasar, seperti di Pulau Serangan di Denpasar Selatan. Lokasi ini layak untuk dikunjungi karena terdapat kawasan nelayan dan Pantai Serangan yang indah. (Penulis: Kontributor Denpasar, Sri Lestari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan

Terbaru