Ini lima Taman Nasional Geopark anyar di Indonesia

Minggu, 26 November 2017 | 15:27 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Ini lima Taman Nasional Geopark anyar di Indonesia


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Taman Nasional Geopark di Indonesia semakin lengkap. Kini, terdapat lima destinasi baru Taman Nasional Geopark di Tanah Air. Taman Nasional Geopark itu adalah Aspiring Geopark Belitung, Geopark Raja Ampat, Geopark Tambora, Geopark Maros Tangkep dan Geopark Bojonegoro.

Kelima destinasi itu resmi menyandang status sebagai Taman Nasional Geopark baru di Indonesia dalam Seminar Nasional Geopark Belitung di Hotel Santika Belitung, 24 November 2017.

Gelar Taman Nasional Geopark membuat lima serangkai ini berhak mendapatkan sertifikat sebagai Geopark Nasional dari Komite Nasional Indonesia. Sertifikat dari Komite Nasional Indonesia ini menjadi dasar untuk mendaftarkan Taman Nasional Geopark ini ke Badan Kebudayaan Dunia PBB (UNESCO) sebagai warisan budaya dan tempat bersejarah di dunia.

Yunus Kusumabrata, Ketua Taskforce Geopark Indonesia sekaligus Staf Ahli Kementerian ESDM menjelaskan, status 5 Taman Nasional Geopark ini telah melalui serangkaian penilaian dari Kementerian ESDM. Lima Taman 

 

Tiga Aspiring Pulau Belitung, Raja Ampat dan Tambora lulus dan mendapatkan nilai B, sedangkan Geopark Maros Tangkep mendapatkan nilai C. Tim bakal memberikan rekomendasi dan kembali melakukan verifikasi lapangan.

Bagi Kementerian Pariwisata, keberhasilan lima lokasi ini menyandang status sebagai Geopark Nasional membuat nilai jual destinasi wisata Indonesia dari Sabang sampai Merauke semakin meningkat.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya optimistis, Geopark Belitung dan Danau Toba menjadi tujuan wisata dunia UNESCO Global Geopark (UGG) di masa mendatang.

“Rumus destinasi kelas dunia adalah attraction, access, dan tourism resource, semua ada di Belitung dan Danau Toba,semoga terwujud Belitung dan Danau Toba sebagai Geopark Internasional,” ucap Arief dalam siaran pers, Minggu (26/11).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru