HOME | Tokoh |

RIO HARYANTO

Ini pesan Rio Haryanto kepada generasi milenial

oleh : Sandy Baskoro | Kamis, 23 November 2017 | 09:11 WIB

Ini pesan Rio Haryanto kepada generasi milenial

KONTAN.CO.ID - PELALAWAN. Pembalap nasional Rio Haryanto menyatakan, kunci untuk meraih keberhasilan adalah pantang menyerah dan fokus dalam mengejar mimpi.

"Hal penting lainnya adalah passion," ungkap Rio saat berbagi pengalaman di hadapan 300-an penerima beasiswa Tanoto Foundation di Hotel Unigraha, Kompleks RAPP Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, Rabu (22/11) malam.

Tanoto Foundation menggelar Tanoto Scholars Gathering 2017 di Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Ratusan penerima beasiswa berkesempatan melanjutkan studinya ke sejumlah universitas negeri dan swasta di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Di hadapan generasi milenial ini, Rio Haryanto berbagi pengalamannya menembus Formula 1 pada 2016. Ini adalah ajang balapan mobil paling bergengsi di dunia. Untuk dapat menembus balapan kelas dunia, menurut Rio, persiapannya tentu tidak dilakukan dalam satu malam.

Perlu konsistensi, determinasi dan kemauan dan kerja keras. "Saya mulai mengenal dunia balapan sejak usia 6 tahun. Ini memang passion saya sejak kecil," tutur Rio.

Di dunia balap, sukses dan gagal adalah dua sisi yang selalu beriringan. Kondisi tersebut juga berlaku di dunia manapun, termasuk dunia akademi.

Bagi Rio, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Oleh karena itu, pria lulusan sarjana ekonomi Universitas Anglia Ruskin di Singapura ini mengingatkan, generasi milenial Indonesia justru harus bisa bangkit dengan belajar dari kegagalan.

Dalam sesi tanya jawab, sejumlah penerima beasiswa Tanoto Foundation melontarkan beberapa pertanyaan kepada Rio Haryanto. Pertanyaan itu seputar dunia balap, dukungan keluarga, karir bisnis hingga tips sukses dalam pendidikan di tengah kesibukan membalap.

Sepanjang 2017, pria kelahiran 22 Januari 1993 ini memang absen dari dunia balap profesional. Sebagai gantinya, Rio kini menjalani bisnis keluarganya, yakni mengelola PT Solo Murni, produsen buku tulis dengan merek Kiky.