HOME | Wisata |

INDUSTRI PARIWISATA

Jual destinasi halal demi gaet wisman Timur Tengah

oleh : Jane Aprilyani | Rabu, 04 Oktober 2017 | 13:32 WIB

Jual destinasi halal demi gaet wisman Timur Tengah

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya punya trik tersendiri untuk aktif menjual pariwisata Indonesia ke daerah Timur Tengah. Caranya dengan mengusung destinasi halal.

Khusus untuk pasar Timur Tengah, Arief Yahya mengingatkan untuk memperkuat jualan ke destinasi-destinasi yang sudah menjadi jawara "World Best Halal Destination" dan yang sangat cocok dengan wisatawan asal Timur Tengah.

Kementerian Pariwisata menargetkan bisa menarik kunjungan 5 juta wisman di segmen wisata halal pada 2019. Kata Arief Yahya, saat ini jumlah kunjungan Wisman di segmen wisata halal mencapai 2 juta hingga 3 juta wisatawan.

"Target kami di 2019 itu 5 juta atau dua kali lipat dari posisi sekarang," ujar Arief Yahya dalam keterangan yang diperoleh Kontan.co,id, Rabu (4/10).

Pria asli Banyuwangi ini menambahkan, untuk mendongkrak kunjungan, Kemenpar bakal gencar menggarap pasar Timur Tengah dengan mendorong pembukaan rute penerbangan langsung.

Sekadar informasi, berdasarkan laporan Global Muslim Travel Index (GMTI) jumlah wisatawan di segmen ini diperkirakan bakal menyentuh angka 168 juta dari posisi 2015 sebanyak 117 juta. Laporan GMTI juga melansir, Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara tujuan wisata halal paling diminati di antara negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI).