HOME | Style |

FASHION

Karya desainer JFW mejeng di gerai Matahari

oleh : Wuwun Nafsiah | Kamis, 26 Oktober 2017 | 15:19 WIB

Karya desainer JFW mejeng di gerai Matahari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Matahari Departemen Store Tbk akan memajang sejumlah pakaian karya desainer Jakarta Fashion Week (JFW). Melalui program pengembangan kapasitas desainer Indonesia Fashion Forward (IFF) berkolaborasi dengan Matahari Department Store, tiga desainer IFF siap memamerkan koleksi mereka di 16 gerai Matahari Department Store.

Gerai Matahari yang akan memajang karya para deasiner IFF tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Semarang, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Palembang, Jambi, dan Banda Aceh.

"Mulai hari ini, para pencinta mode bisa melihat dan membeli koleksi Norma Hauri, Restu Anggraini, dan Rani Hatta, yang didesain secara eksklusif untuk kolaborasi ini," ujar Lenni Tedja, Direktur JFW dalam keterangan tertulis, Kamis (26/10).

Bagi IFF, kolaborasi ini menjadi kesempatan yang baik bagi para desainer untuk semakin mengenal dunia ritel, serta mengembangkan bisnis mereka di pasar lokal. Sebab, jangkauan koleksi para desainer akan semakin luas dan bisa dinikmati oleh lebih banyak lagi pencinta fashion di tanah air.

Imelda Like, Head of Marketing Communication & Fashion Director PT Matahari Department Store Tbk mengaku, bangga dapat berkolaborasi dengan anak-anak bangsa berbakat. Apalagi Matahari berkomitmen untuk terus memajukan industri fashion Indonesia, khususnya merek-merek lokal agar dapat memberikan pilihan model pakaian yang beragam bagi konsumen.

"Konsep kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan produk-produk berkualitas dengan desain eksklusif dan harga terjangkau dari desainer ternama di Indonesia," tuturnya.

IFF yang merupakan program pembinaan kapasitas desainer muda Indonesia sudah berlangsung selama enam tahun terakhir. Program ini terbukti berhasil mempercepat kemajuan para label lokal dan merambah pasar internasional.

Dari tahun ke tahun, IFF dan JFW berkolaborasi dengan berbagai organisasi mode dan pusat kebudayaan internasional, antara lain British Council, Korean Cultural Center (KCC), Japan Fashion Week Organisation, DITP Thailand, Council of Fashion Designers of Korea, Fashion Design Council India yang menggelar Amazon India Fashion Week, Australia-Indonesia Centre, Melbourne Fashion Festival, Isituto Marangoni, serta London College of Fashion. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para desainer IFF agar membawa, memamerkan, serta memasarkan koleksi mereka di negara-negara terkait.

Tahun lalu misalnya, Norma Hauri yang dikenal dengan kreasi dress berpotongan sleek dalam warna-warna berani menampilkan koleksinya di Fashion Week Tokyo, Jepang. Lalu April tahun ini, Rani Hatta yang memiliki garis rancang sporty dan maskulin dengan warna monokrom juga menampilkan koleksinya di Fashion Week Tokyo.

Sementara Restu Anggraini, selain juga pernah berpartisipasi di Fashion Week Tokyo pada 2015, telah memamerkan koleksinya di runway Melbourne Fashion Festival 2016. Restu dikenal dengan busana bergaris desain kontemporer, modern, namun sederhana.