Ke Istana Bogor yuk, ada kontes domba garut

Jumat, 26 Agustus 2016 | 19:49 WIB Sumber: Kompas.com
Ke Istana Bogor yuk, ada kontes domba garut


Jakarta. Presiden Joko Widodo akan menggelar kontes domba garut dan kambing bertajuk Piala Kemerdekaan di Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor, Sabtu (27/8/2016) besok. Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki menjelaskan, ada empat materi yang akan dikonteskan untuk jenis perlombaan domba garut.

"Materi kontesnya, yaitu Raja Pedaging, Raja Petet, Raja Kasep dan Ratu Bibit," ujar Teten melalui pesan singkatnya pada Jumat (26/8/2016).

Selain itu, acara juga akan dimeriahkan dengan pementasan kambing perah dan domba catwalk. Juri akan memilih mana kambing yang mampu memproduksi susu paling banyak dan paling berkualitas.

Salah satu panitia seksi acara Munajat menambahkan, untuk kategori Raja Pedaging, juri yang berasal dari akademisi, unsur pemerintah dan asosiasi domba garut akan melihat dari berat serta kesehatan domba garut yang menjadi kontestan.

Materi kontes

Untuk kategori Raja Petet, juri akan memilih domba mana yang berusia remaja namun berpotensi menjadi pejantan yang menghasilkan daging berkualitas. "Istilahnya juri memilih pemuda jantan harapan bangsalah," ujar Munajat.

Sementara untuk kategori Raja Kasep, tim juri akan memilih mana domba yang berbadan kekar, bertanduk bagus, berbulu halus dan memiliki kondisi kesehatan yang prima.

Adapun, kategori Ratu Bibit, hal yang dinilai para juri, yakni domba yang masih berupa anakan, namun berpotensi memiliki daging yang berkualitas. Domba garut milik Presiden Jokowi yang dipelihara di Istana Bogor akan diikutsertakan ke dalam salah satu kategori itu.

"Untuk hadiahnya, lihat saja besok di lapangan langsung. Tapi bagi para peserta, masuk Istana dan bertemu Presiden itu sudah menjadi hadiah bagi mereka sebenarnya," ujar Munajat.

Pelaksanaan kontes akan digelar dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Rencananya, di sela acara, Presiden akan berbincang-bincang dengan para pelaku peternak dan industri domba garut.

(Fabian Januarius Kuwado)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru