Belanja
PEMBIAYAAN KENDARAAN
Kredit mobil makin gampang dan lebih terjangkau
oleh : Christine Novita Nababan | Jumat, 18 Maret 2011 | 10:08 WIB
artikel dibaca sebanyak 5454 kali
0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 5454 kali
Salin Tulisan
Kredit mobil makin gampang  dan lebih terjangkau

JAKARTA. Membeli mobil secara mencicil sudah menjadi hal lazim di masyarakat. Bahkan konsumen yang mampu sekalipun cenderung memilih berutang ke bank atau perusahaan pembiayaan (multifinance) ketimbang membayar tunai keras (cash).

Salah satu alasannya, bunga kredit kendaraan relatif murah. Kini bunga kredit kendaraan bermotor bervariasi antara 4% sampai 6% per tahun.
Betul, bank dan multifinance juga menetapkan biaya lain-lain. Tapi, nilainya tidak besar dan masih bisa melakukan negosiasi. Soal asuransi, yang biasanya melekat dalam paket pinjaman, bersifat pilihan. Kalau merasa preminya kemahalan, konsumen bisa memilih asuransi sendiri.

Masyarakat cenderung memilih membeli mobil dengan cara kredit lantaran prosesnya mudah dan cepat. Yang tak kalah penting, uang muka atau down payment (DP) pembelian mobil pun ringan. Dengan membayar 10% dari harga, konsumen sudah bisa membawa pulang mobil. Jangka waktunya pun beragam.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) misalnya, memberi tenor pinjaman kendaraan bermotor baru bisa sampai lima tahun. Tenor kredit mobil bekas maksimal empat tahun.

BRI memasang bunga antara 4,6% - 7%, tergantung tenor. "Keunggulan lain, produk tidak hanya terbatas pada nasabah kami, tetapi juga perorangan kolektif dengan plafon kredit hingga Rp 2 miliar," klaim Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI. Artinya, konsumen yang belum menjadi nasabah BRI juga boleh mengajukan kredit.

BRI menetapkan uang muka 10% dari harga. Pembayaran angsuran bisa dihitung mundur satu bulan setelah akad kredit. Bank juga tidak mengenakan biaya provisi. Sepanjang 2010, penyaluran kredit kendaran BRI tumbuh 106% menjadi Rp 1,43 triliun.

BCA Finance menawarkan bunga 5,1% flat untuk kredit mobil baru dan 6% untuk kredit mobil bekas. Jangka waktu bisa sampai lima tahun. "Suku bunga kami ini paling rendah di antara perusahaan multifinance lain," klaim Roni Haslim, Presiden Direktur BCA Finance. Selain bunga rendah, BCA Finance juga memberikan pemanis lain, yakni asuransi gratis pada tahun kelima angsuran.

Sinar Mitra Sepadan (SMS) Finance menawarkan kecepatan proses berbasis online. Dengan begitu, proses aplikasi kredit bakal langsung diproses di hari yang sama (one day service). "Dengan pelayanan memuaskan one day service kami memberikan kemudahan fasilitas kredit mobil," ujar Presiden Direktur SMS Finance Rudyanto Somawihard. Namun, SMS Finance mematok bunga 9%-10% flat untuk pembiayaan selama tiga tahun.

Sumber Harian KONTAN, 18 Maret 2011


0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 5454 kali
Salin Tulisan