HOME| Gadget|

PERMAINAN / GIM

Laptop seharga Rp 95,5 juta bagi gamers sejati

oleh : Yudho Winarto | Rabu, 22 Maret 2017 | 22:12 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Laptop seharga Rp 95,5 juta bagi gamers sejati

JAKARTA. Asus resmi merilis laptop gaming ROG GX800 di Indonesia. Laptop ini merupakan laptop gaming dengan spesifikasi "monster" dan dibekali mesin pendingin cair.

Asus ROG GX800 mengusung layar IPS 18,4 inci beresolusi UHD (3.840 x 2.160). Layar tersebut masih dilengkapi lagi dengan teknologi grafis G-Sync.

Dari segi "jeroan", ROG GX800 dipersenjatai dengan prosesor Core i7-7820HK 2,9 GHz dari Intel. Prosesor tersebut masih dapat di-overclock kecepatannya hingga 4,6 GHz.

"Kemampuan itu meningkat dari Asus ROG GX700 (seri sebelumnya). Sebelumnya, hanya sanggup di-overclock 4,2 hingga 4,4 GHz," tutur Veronica Erwin, Country Product Manager Asus Indonesia, di hadapan wartawan di Jakarta, Rabu (22/3).

Asus ROG GX800 semakin canggih karena dilengkapi dua kartu grafis sekaligus dengan konfigurasi SLI. Kartu grafis yang dipilih adalah GeForce GTX 1080 dengan VRAM 8 GB GDDR5X (total 16 GB).

Ngomong-ngomong soal overclock, kemampuan tersebut ternyata bisa digunakan di kartu grafis. Asus mengklaim, pengguna bisa overclock kartu grafis dengan kecepatan hingga 1.961 MHz.

Selain itu, Video RAM (VRAM) dan Dinamic  RAM (DRAM) bisa ditingkatkan menjadi 5,2 GHz dan 2.800 MHz. Semua kemampuan overclock itu bisa dilakukan melalui software Asus Gaming Center.

"Laptop ini menjawab kebutuhan gamer juga overclocker. Overclocking di GX800 tidak perlu ribet, hanya pakai satu tombol (untuk menyalakan Asus Gaming Center)," ujar Veronica.

Spesifikasi lain dari Asus GX800 terdiri dari RAM 64 GB DDR4 2.800 MHz dan media penyimpanan tiga keping SSD @512 GB konfigurasi RAID 0.

Keunikan lainnya, laptop tersebut dilengkapi dengan dua adapter masing-masing berukuran 330W. Sebenarnya, laptop ini bisa saja dioperasikan menggunakan satu adapter listrik, meski begitu dua adapter dibutuhkan untuk memaksimalkan performa.


Keyboard yang digunakan berjeniskan mechanical switch. Sama seperti laptop game lainnya, keyboard memiliki lampu backlit yang dapat dimodifikasi hingga 8 juta warna.

Punya radiator cair

Spesifikasi tersebut tentunya bakal menghasilkan performa yang tinggi. Performa tinggi seharusnya menimbulkan suhu yang panas.

Nah, untuk mengantisipasi suhu tinggi tersebut, ROG GX800 dilengkapi dengan liquid cooler, semacam radiator yang mampu mengalirkan cairan ke berbagai komponen untuk menurunkan suhu.

"Cairan akan mengalir ke dua GPU dan CPU saat bersamaan. Proses pendingan juga lebih cepat (pakai liquid cooling)," kata Veronica.

Punya spesifikasi "monster" dan liquid cooling, Asus membanderol laptop GX800 dengan harga super wah, yakni mencapai Rp 95,5 juta.

Meski punya harga tinggi, Asus punya target tinggi untuk produk ini. "Target 30 unit, itu saja sudah bagus," pungkas Veronica. (Deliusno) 

Sumber Kompas.com


0 Komentar
Salin Tulisan