Manfaatkan wilayah perairan, Maluku Tenggara berkomitmen majukan pariwisata

Senin, 19 Maret 2018 | 09:39 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Manfaatkan wilayah perairan, Maluku Tenggara berkomitmen majukan pariwisata

ILUSTRASI. Pariwisata Maluku Utara


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Kabupaten Maluku Tenggara terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan pariwisata daerah dengan memanfaatkan wilayah perairan.

“Saat ini, kami terus melakukan berbagai usaha untuk mengangkat potensi pariwisata dengan memanfaatkan 93% wilayah perairan tersebut, khususnya Pulau Kei," ujar Samuel Risembessy, Bupati Maluku Tenggara, dalam keterangan resmi yang diterima KONTAN, Senin (19/3).

Menurut Samuel, sejumlah usaha untuk memajukan pariwisata Maluku Tenggara telah dilakukan terutama dalam memperbaiki aksesibilitas dan promosi. 

Apalagi menurut Samuel, saat ini Pulau Kei yang menjadi wajah wisata Provinsi Maluku, karena sebagian besar potensi wisata Maluku berada di kabupaten tersebut.

Untuk aksesibilitas, Kabupaten Maluku Tenggara tengah bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan berencana untuk memperpanjang runway Bandara Karel Sadsuitubun dari 2350 m menjadi 2500 m. 

"Selain rencana perpanjangan runway, Januari lalu Maluku Tenggara berhasil mendatangkan Maskapai Sriwijaya dari Makassar menuju Langgur dan Batik Air juga direncanakan akan terbang menuju Langgur," jelas Samuel.

Dari sisi promosi, Maluku Tenggara menggenjot potensi pariwisatanya melalui penyelenggaraan event. Salah satunya, event Wonderful Sail 2018 yang akan dilaksanakan pada 23-27 Juli 2018.

Rencana program pariwisata lainnya yaitu one village, one product yang berusaha menciptakan produk-produk unggulan baik kuliner, kerajinan, hingga seni dari masing-masing desa di kabupaten Maluku Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru