Menadah cuan dari kucing eksotis ala Fardhan Khan

Rabu, 17 Januari 2018 | 13:09 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
Menadah cuan dari kucing eksotis ala Fardhan Khan

ILUSTRASI. Fardhan Khan


PETERNAKAN - JAKARTA. Mengeluarkan kocek besar untuk hobi sah-sah saja. Tapi ada baiknya, dari hobi mahal itu bisa dijadikan sumber pendapatan. Hal ini sudah diterapkan oleh Fardhan Khan, founder sekaligus CEO startup Buddyguard.

Fardhan yang juga sempat berprofesi sebagai artis dan model ini menyukai kucing-kucing Exotic Wild Cat semenjak SMA. Sayangnya baru bisa ia wujudkan mimpi memelihara kucing jenis ini pada tahun 2015 lalu.

“Saya punya keinginan pelihara dari SMA, tapi harganya fantastis. Butuh menambung dulu untuk bisa beli,” ujar Fardhan pada Kontan.co.id, beberapa waktu lalu.

Harga jual kucing jenis ini fantastis yakni di kisaran US$ 8.000 hingga US$ 20.000 atau sekitar Rp 106 juta hingga Rp 226 juta per ekor. Kucing-kucing ini diimpor dari Eropa dan Amerika.

Saat ini Fardhan sudah memiliki sembilan kucing dari lima jenis kucing Exotic Wild ini. Di antaranya ada jenis Serval, Caracal, Savannah F1, Chause F1, dan Chausi F2.

“Saya beli kucing ini selain hobi juga untuk diternakkan atau breeder. Saya di mentoring oleh breeder dari luar negeri. Dan saya sudah berhasil breeeding chausei F2 dan anaknya sudah saya jual,” kisah Fardhan.

Pria kelahiran Jakarta tahun 1989 ini juga bermimpi bisa membangun komunitas pecinta kucing Exotic Wild. Ia mengaku dalam satu tahun terakhir sudah menularkan hobi ini kepada delapan orang adopter di Indonesia.

“Mimpi saya juga pengen bikin mini zoo khusus Exotic Wild Cat. Jenisnya ada 40 kucing, saya baru punya 5 jenis. Jadi mau mengumpulkan jenis itu,” kata Fardhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru