Menjajal nasi briyani yang rempahnya berani

Selasa, 28 April 2015 | 11:47 WIB   Reporter: Surtan PH Siahaan
Menjajal nasi briyani yang rempahnya berani

ILUSTRASI. Guillane-Barre Syndrome adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya.


Bagi kaum Arab, Nasi Briyani adalah salah satu makanan khas Timur Tengah yang jadi favorit khalayak. Jika dicari padanannnya, sebagai makanan populer, pada masakan khas Indonesia, mungkin kita bisa sebut nama Nasi Goreng. Nasi yang di negara asalnya dimasak menggunakan susu dan menggunakan beras khusus bernama Basmati memang punya cita rasa yang lezat.

Tidak heran, perantauan Arab selalu membawa-bawa masakan ini ke mana pun mereka pergi. Begitu pula kaum jamaah yang ada di Indonesia. Di Jakarta, misalnya, hampir semua rumah makan khas Arab menyuguhkan menu spesial satu ini.

Jika Anda tertarik mencicipi menu ini, Rumah Makan Amira yang beralamat di kawasan Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, adalah salah satu tempat dengan menu Nasi Briyani yang oke punya. Dahulu, rumah makan yang didirikan keluarga keturunan Arab asal Jawa Timur ini menyewa sebuah bangunan di Jalan Raden Saleh nomor 6b. Namun, karena masa sewa habis, mereka kini menempati sebuah kedai kecil yang nyaman di Jalan Raden Saleh I, Jakarta Pusat. Kedai baru ini letaknya persis di belakang dapur rumah makan mereka dahulu.

Bicara soal tampang, nasi Briyani berwarna kuning kecokelatan. Nasinya ngepyar seperti nasi uduk. Di tempat ini, seporsi nasi briyani disajikan dengan kambing goreng empuk yang porsinya jumbo.

Bagi Abdul, pelanggan Rumah Makan Almira, menu Nasi Briyani yang disajikan tempat ini memang tidak semirip di tempat asalnya. Namun, sebagai keturunan Arab, dia mengaku sajian Nasi Briyani yang sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia ini lebih cocok untuk kaum keturunan seperti dia. "Meskipun yang makan di sini banyak Arab asli tapi keturunan seperti saya juga cocok dengan masakannya," ujarnya

Sebagai pelengkap, pengunjung dibekali sambal tomat-seledri dan acar timun-tomat. Meski tidak menggunakan Beras Basmati, Nasi Briyani di Rumah Makan Almira disajikan dengan bumbu rempah yang berani. Bumbu nasinya benar-benar nancep di lidah. Apalagi dikombinasikan dengan kambing goreng empuk nan kering. Sambal tomat-seledri dan acar timun-tomat sendiri sepertinya berfungsi sebagai penyegar ketimbang membuat rasa lebih berani. Alasannya rasa yang asam-manis ini benar-benar nyess jika dipadukan dengan Nasi Briyani yang berat. Tertarik mencoba? Sepiring Nasi Briyani di Rumah Makqan Almira diberi banderol Rp 60.000. Untuk minuman, Anda bisa pesan es jeruk dengan harga Rp 20.000 per porsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Edy Can

Terbaru