Menpar yakin kunjungan wisman terus mengalir deras

Selasa, 05 September 2017 | 12:12 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Menpar yakin kunjungan wisman terus mengalir deras


INDUSTRI PARIWISATA - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah wisman pada Juli lalu menyentuh angka 1,35 juta.

Menurut BPS, angka itu mengalami kenaikan 30,85% dibandingkan Juli 2016 yang menyentuh angka 1,03 juta wisman. Jumlah kunjungan wisman pada Juli 2017 juga meningkat 21,57% dibandingkan Juni 2017.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, secara kumulatif jumlah wisman ke Indonesia pada periode Januari–Juli 2017 mencapai 7,81 juta kunjungan. “Atau naik 23,53% dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya dengan 6,32 juta kunjungan,” ujar Suhariyanto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut kenaikan demi kenaikan itu sudah dia perkirakan dengan matang. Tentu, ini juga berkat keseriusan Presiden Joko Widodo menjadikan pariwisata sebagai leading sector dan sekaligus core economy bangsa ke depan.

"Tahun 2017 ini kami lebih banyak mengerjakan selling," ungkap Arief Yahya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Selasa (5/9).

Dengan keterbatasan bujet, Arief Yahya memang mengurangi porsi belanja branding. Karena itu, tahun 2017, peringkat merek Wonderful Indonesia masih terpatok di posisi 47 besar dunia.

"Idealnya, branding harus tetap digarap, dinaikkan peringkatnya. Branding itu dikerjakan sekarang, impactnya dua tiga tahun lagi. Hasil yang sekarang, adalah pekerjaan branding sejak dua tiga tahun silam," papar Arief Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dessy Rosalina

Terbaru