Menu andalan penolong saat sahur

Rabu, 17 Juni 2015 | 14:58 WIB Sumber: sajian sedap
Menu andalan penolong saat sahur


JAKARTA. Banyak masakan praktis yang bisa dicoba untuk sahur atau berbuka. Sejumlah masakan bahkan bisa kita simpan untuk menolong saat kondisi darurat di saat sahur.

Sebulan penuh berpuasa, kesibukan ibu di dapur pasti bertambah. Menyiapkan santap sahur juga menu berbuka puasa.

Di antara 30 hari berpuasa, ibu pasti pernah berhadapan dengan situasi yang darurat. Saat sahur misalkan. Ketika telat bangun dan waktu mendekati imsyak, masak pun terburu-buru.

Nah, mengantisipasi keadaan demikian, tak ada salahnya menu Felix Budisetiawan, executive chef di Hotel Dharmawangsa ini bisa dicontoh.

Felix dari Sajian Sedap mengatakan menu seperti teri lebar bumbu balado, rendang, dan kering tempe bisa menjadi andalan saat Ramadhan.

“Di rumah saya selalu tersedia menu itu. Lumayan bisa menyelamatkan saat kondisi ‘darurat’," kata Felix.

Felix juga menyarankan, ibu sudah menyiapkan bumbu dasar. Ini sangat penting saat-saat Ramadhan.

Membuat dan menyimpan bumbu dasar di kulkas membuat acara memasak lebih praktis. Apalagi untuk persiapan buka dan sahur selama Ramadhan.

Di dunia kuliner, bumbu dasar terbagi dalam tiga jenis. Bumbu Dasar Putih [bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar], Bumbu Dasar Merah [bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan terasi], dan Bumbu Dasar Kuning [bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan ketumbar].

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru