Menurut para triliuner, ini 6 kebiasaan yang bikin sulit kaya

Selasa, 02 Februari 2021 | 06:18 WIB Sumber: Kompas.com
Menurut para triliuner, ini 6 kebiasaan yang bikin sulit kaya

ILUSTRASI. Kesuksesan seseorang ditentukan oleh bebiasaan atau perilaku sehari-hari yang sering kali tidak disadari.


TIPS & TRIK - NEW YORK. Kesuksesan seseorang ditentukan oleh bebiasaan atau perilaku sehari-hari yang sering kali tidak disadari. 

Kesuksesan dan kekayaan memang ditentukan oleh banyak faktor dan bisa berbeda untuk setiap orang, namun kebiasaan buruk yang terus dipupuk hanya akan terus menjauhkan kita dari target tersebut. 

Thomas C. Corley, seorang akuntan publik bersertifikasi dan perencana keuangan bersertifikasi, menghabiskan lima tahun mempelajari para triliuner dan mengumpulkan wawasan para sumbernya lewat buku "Change Your Habits, Change Your Life". 

Ia mewawancarai 233 orang dengan pendapatan kotor tahunan setidaknya US$ 160.000 (sekitar Rp 2,25 triliun) dan aset bersih US$ 3,2 juta (sekitar Rp 45 triliun), dengan 177 orang di antaranya memperoleh kekayaan itu dengan hasil usaha sendiri. 

Baca Juga: Peringatan Warren Buffett akan kejatuhan pasar saham pada 2021

Dia mewawancarai 128 orang Amerika dengan pendapatan kotor tahunan US$ 35.000 (sekitar Rp 492 juta) atau kurang, serta memiliki aset likuid US$ 5.000 (Rp 70,3 juta) atau kurang. 

Lewat percakapan dan analisa lebih lanjut, ia menemukan sejumlah kebiasaan yang membantu seseorang untuk menjadi kaya dan sebaliknya. Untuk mencapai kesuksesan, seseorang mungkin perlu mengubah kebiasaan buruknya dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih positif. 

Baca Juga: Cara miliarder membelanjakan uang, dari koleksi mobil mewah hingga jet pribadi

"Menerapkan satu kebiasaan positif yang berpotensi membuat Anda menjadi orang yang sukses bisa membuat Anda menghilangkan satu kebiasaan buruk." 

"Itulah mengapa, mempelajari kebiasaan positif ini begitu penting," katanya, seperti dilansir Business Insider. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru