Nusa Penida sajikan festival budaya & olahraga

Rabu, 22 November 2017 | 09:55 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Nusa Penida sajikan festival budaya & olahraga


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Ingin melihat 1.000 penari membawakan tari Baris Jengkang? Atau melihat kejuaraan selancar dunia dari pantai yang indah? Segera ke Nusa Penida, Bali. Ada Festival Nusa Penida IV, 6-9 Desember 2017.

"Ini merupakan festival seni budaya serta sport. Selama 4 hari kita ajak wisatawan untuk mengeksplor keindahan Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan," kata Kepala Dinas Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (22/11).

Dipusatkan di Desa Jungutbatu, festival tahun ini akan lebih menonjolkan kekhasan kuliner. Selain itu, ada juga seni dan budaya sehingga dekat dengan masyarakat. Pementasan seni budaya masyarakat Klungkung dan Nusa Penida akan diadakan dengan melibatkan para nelayan sebagai daya tarik utama.

"Kami ingin menampilkan kearifan lokal serta seni budaya Nusa Penida. Kami akan buat wisatawan menikmati keindahan alam Nusa Penida. Bahkan nanti ada lomba pakaian adat bali untuk wisatawan asing," tambahnya.

Sukasta menambahkan, salah satu acara yang rencananya akan dilaksanakan adalah kampanye wahana perlindungan terumbu karang agar publik dapat menyatu dengan alam. Tak hanya itu beragam wisata laut seperti sailing, snorkeling, surfing dan olahraga laut lainnya juga akan tersedia. 

"Kami juga akan mengajak wisatawan untuk mengeksplor keindahan bahari Nusa Penida. Nanti akan ada banyak kegiatan bahari yang akan kita tampilkan. Ada kejuaraan surfing internasional, lomba sampan, snorkling serta diving, juga akan kegiatan bersih pantai dan penanaman terumbu karang," terangnya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan kekuatan kultur serta keindahan alam Nusa Penida merupakan daya tarik magis dari Nusa Penida. "Tak terbantah lagi. Nusa Penida memang luar biasa. Silakan datang dan buktikan sendiri Desember nanti," kata Arief Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru