Pemandian Gua Kristal jadi wisata baru di Kupang

Kamis, 22 Desember 2016 | 15:48 WIB Sumber: Antara
Pemandian Gua Kristal jadi wisata baru di Kupang


KUPANG. Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menambah daftar destinasi wisatanya berupa lokasi pemandian Gua Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat di kabupaten itu.

"Wilayah Kecamatan Kupang Barat memiliki beberapa lokasi objek wisata dengan jumlah kunjungan cukup tinggi, namun lokasi wisata pemandian Gua Kristal belum dikelola maksimal terkait anggaran dan regulasi pengelolaan lokasinya," kata Camat Kupang Barat, Yusak Arnoldus Ulin di Kupang, Kamis (22/12).

Yusak Arnoldus Ulin ditemui di Bolok, 15 km arah barat Kota Kupang mengatakan lokasi wisata Gua Kristal mulai dikenal tahun 2015, dan cukup banyak berkunjung ke sana.

"Jumlah kunjungan wisata ke lokasi itu cukup tinggi. Tiap hari libur pengunjung 300-500 orang, dalam kondisi fasilitas terbatas di sana," katanya.

Wilayah Kecamatan Kupang Barat, satu tujuan wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur, di antaranya wisata alam seperti lokasi wisata Pantai Tablolong dan air terjun Oenesu.

Kehadiran objek wisata Gua Kristal, ia optimistis kunjungan semakin meningkat dan mampu memberikan kontribusi pendapatan daerah setempat.

"Kita berharap ada utusan dari dinas pariwisata datang ke lokasi gua membantu untuk menata dan melengkapi fasilitas. Suratnya sudah kita kirim," kata Yusak.

Lokasi wisata alam itu berada dalam lahan milik masyarakat Bolok, yang perlu dibahas secara bersama dengan pemiliknya, hingga lokasi itu bisa dikelola pemerintah setempat.

"Satu kendala dalam pengembangan wisata Gua Kristal terkait akses jalan menuju lokasi wisata itu, karena lahan di sekitarnya sudah dipadati pemukiman warga," katanya.

Selain itu, katanya beberapa pengembang sudah membangun perumahan di sekitar lokasi Gua Kristal, semakin sulit akses jalan menuju lokasi.

"Kini para pengunjung terpaksa harus berjalan kaki melintasi rumah-rumah penduduk untuk mencapai lokasi pemandian Gua Kristal," tegasnya.

Ia mengatakan, keberadaan lokasi wisata pemandian Gua Kristal itu telah membuka sumber pendapatan warga selain menarik jasa parkir, juga tumbuh warung menyajikan minuman dan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru