| : WIB | INDIKATOR |

Pengelola apartemen wajib peduli psikologi penghuni

Kamis, 15 Maret 2018 / 10:24 WIB

Pengelola apartemen wajib peduli psikologi penghuni
ILUSTRASI. The Green Pramuka Apartement.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peran pengelola apartemen sangat penting untuk menyediakan sarana untuk penghuni agar tetap dapat berinteraksi dan melakukan kegiatan sosial sekaligus menjalankan fungsi kontrol dan mendeteksi situasi apartemen yang berpotensi menimbulkan masalah.

Menurut psikolog Nirmanisa Ruskin peran pengelola apartemen menjadi penting akibat perubahan gaya hidup yang terjadi sebagai konsekuensi tinggal di vertical house (apartemen) dimana sisi-sisi kekeluargaan dan kehidupan bertetangga hampir tidak dapat lagi dirasakan.

“Penguni apartemen umumnya sangat menekankan pada prinsip individualisme yang tinggi dan area privasi. Padahal manusia merupakan mahluk sosial. Butuh untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Hal yang mudah dilakukan ketika tinggal di area perumahan yang bersifat landed house namun akan sulit dilakukan di apartemen,” tutur Nirmanisa, psikolog Universitas Gadjah Mada, dalam keterangan pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (15/3/2018).

Situasi ini, lanjutnya, tentu saja akan berpotensi untuk timbulnya permasalahan sosial bila tidak dikelola dengan baik karena harus disadari menjadi penghuni apartemen akan sangat menuntut kematangan pribadi untuk dapat saling menjaga area privasi dari penghuni lain.

“Oleh sebab itu, peran dari pengelola menjadi sangat penting untuk penyedia sarana untuk penghuni tetap dapat berinteraksi dan melakukan kegiatan sosial. Pengelola harus menyediakan ruang bagi penghuni untuk dapat berkumpul baik ruang terbuka maupun menginisasi kegiatan bersama,” tutur Nirmanisa.

Senada dengan Nirmanisa, Marketing Director Green Pramuka City Jeffry Yamin menuturkan penyediaan ruang-ruang bersosialisasi bagi penghuni hanya dapat diakomodasi oleh apartemen yang sejak awal didesain dengan konsep one stop living.

“Dengan konsep one stop living, Green Pramuka City yang berada di pusat kota memang sejak awal dirancang mendukung fungsi penghuninya tidak hanya tinggal dan menikmati hidup namun dapat bersosialisasi bersama komunitasnya,” ujarnya.

Apalagi sejak setahun terakhir Green Pramuka Square telah beroperasi yang boleh dikatakan memudahkan para penghuni melakukan relaksasi dan bersosialisasi. Dia mencontohkan Green Pramuka secara rutin mendukung digelarnya Zumba Party yang diikuti seluruh penghuni apartemen.

Selain itu pengelola juga merancang sosialisasi antar warga melalui pendekatan kuliner dimana dilakukan integrasi sajian kuliner di lingkungan Green Pramuka Square sepanjang hari.


Reporter: Petrus Dabu
Editor: Herlina Kartika

GAYA HIDUP

Komentar
TERBARU

KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0006 || diagnostic_api_kanan = 0.0847 || diagnostic_web = 0.2801

Close [X]
×