HOME| Wisata|

INDUSTRI PARIWISATA

Proyek Wonderful Indonesia gandeng 18 brand lokal

oleh : Jane Aprilyani | Kamis, 10 Agustus 2017 | 12:15 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Proyek Wonderful Indonesia gandeng 18 brand lokal

JAKARTA. Wonderful Indonesia Co-branding Forum (WICF) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata (Kempar) dibuka hari ini, Kamis (10/8).  Kegiatan WICF yang baru pertama kali dan akan diselenggarakan secara berkala oleh Kempar ini dihelat sebagai upaya mengajak brand perusahaan besar, menengah, maupun kecil di seluruh Tanah Air untuk melakukan kolaborasi.

Kolaborasi dilakukan melalui co-branding partnership dengan brand Wonderful Indonesia (WI) atau Pesona Indonesia (PI) dalam rangka mensukseskan target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.

Co-branding partnership sebagai kerja sama antara dua brand yang berbeda yang bertujuan untuk meningkatkan brand value dari keduanya. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keynote speech di kantor Kementerian Pariwisata mengatakan, inisiatif co-branding partnership ini diluncurkan untuk memanfaatkan momentum kinerja brand Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (PI) yang baik selama 2,5 tahun terakhir.

“Pada 2013, brand WI praktis tidak dikenal di dunia karena berada di posisi 70 dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dikeluarkan oleh World Economic Forum (WEF). Pada tahun 2015 peringkat kita naik pesat di posisi 50 dari total 141 negara, dan tahun ini naik 8 peringkat ke posisi 42 dunia. Tak hanya itu, kini brand WI sudah menjadi global brand karena exposure di mancanegara sudah cukup massif seperti armada bis di ajang Piala Eropa 2016 dan billboard di Times Square New York,” kata Arief Yahya dalam keterangan pers, Kamis (10/8).

Sesungguhnya co-branding partnership ini selama inisudah berjalan walaupun masih sangat terbatas dan tidak sistematis. Contohnya tahun lalu Kempar melakukan co-branding partnership dengan Martha Tilaar Group (MTG) melalui program Trend Warna Sariayu 2017: “Gili Lombok”. Di sini logo Wonderful Indonesia tampil di kemasan produk. Tema Lombok diambil karena merupakan salah satu dari 10 destinasi prioritas yang dicanangkan Kempar.

Perusahaan yang melakukan kerja sama co-branding partnership dengan Kempar antara lain; Martha Tilaar, JJ Royal, Polygon, Sahid Group, Tiket.com, Alleira Batik & Gaia, Sunpride, Sarinah, Rumah Zakat, Sekar Group, Krisna Oleh-Oleh, Secret Garden, Sababay Wine, Bon Gout, Achilles, Garuda Food, Dapur Solo, dan Malang Strudel.



0 Komentar
Salin Tulisan