HOME | Tokoh |

CRISTIANO RONALDO

Ronaldo terkena kasus penghindaran pajak US$ 16,4 juta

oleh : Mesti Sinaga | Rabu, 14 Juni 2017 | 15:25 WIB

Ronaldo terkena kasus penghindaran pajak US$ 16,4 juta

Bintang Real Madrid dan Portugal, Cristiano Ronaldo, tersandung kasus pajak.  Jaksa Spanyol menuding Ronaldo melakukan penipuan pajak terhadap pemerintah Spanyol senilai US$ 16,4 juta untuk rentang waktu 2011- 2014.

Dalam pernyataannya, kantor kejaksaan Spanyol mengatakan, pemenang Ballon d'Or empat kali itu telah menggunakan sebuah "business structure" – yang didirikan tahun 2010 - untuk menyembunyikan pendapatan hak atas fotonya dari perbendaharaan Spanyol. Jaksa menggambarkan pelanggaran tersebut sebagai  tindakan “sukarela" dan "sadar".

Ronaldo, yang merupakan bintang olahraga dengan gaji tertinggi di dunia versi Forbes, telah terkena empat kasus pelanggaran terhadap public treasury.

Kantor kejaksaan Spanyol dalam pernyataan tersebut mengatakan, Ronaldo yang merupakan orang Portugis, menjadi wajib ajak Spanyol pada Januari 2010. Dan pada November 2011, dia memilih mengikuti rezim pajak Spanyol yang berlaku bagi orang asing yang bekerja di negara tersebut.

Gestifute, agen yang mewakili kapten  tim sepakbola Portugal tersebut, dalam pernyataan di situsnya menyatakan, ini adalah masalah finansial yang kompleks.

"Pengacara Cristiano mempertimbangkan apa solusi kasus ini serta konsekuensinya, mereka harus dibatasi pada persoalan administrasi dan bukan kriminal," demikian isi pernyataan tersebut.

Gestifute pun menandaskan tidak ada upaya menghindari pajak oleh pemain bola berusia 32 tahun tersebut.

Kasus penghindaran pajak bukan hanya menerpa Ronaldo. Pada tahun 2016, rival berat ROnaldo dalam perebutan posisi pemain terbaik dunia, Lionel Messi dari Barcelona didenda US$ 2,3 juta atas tuduhan menipu otoritas pajak Spanyol.

Pemain bola asal Argentina itu juga dijatuhi hukuman 21 bulan penjara. Namun Messi bisa menghindari hukuman karena itu pelanggaran pertamanya.

Baca juga: Lionel Messi bersaksi di sidang penggelapan pajak

Berdasar data Forbes, Ronaldo berhasil mengumpulkan pendapatan US$ 93 juta dalam 12 bulan terakhir. Rinciannya, gaji sebesar US$ 58 juta dan pendapatan dari endorsements senilai US$ 35 juta.

Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Real Madrid itu juga menorehkan prestasi yang gilang gemilang di lapangan hijau dalam 12 bulan terakhir. Dia berhasil membawa Portugal ke Euro 2016 dan membantu klubnya memenangkan liga Spanyol dan Liga Champions di musim 2016/17.

 

Sumber CNN