Sebanyak 90% karyawan Shopee merupakan generasi milenial

Rabu, 18 Juli 2018 | 22:32 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Sebanyak 90% karyawan Shopee merupakan generasi milenial


E-COMMERCE - JAKARTA. Shopee, perusahaan e-commerce di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan telah mempekerjakan sekitar 1.600 karyawan. Kurang dari tiga tahun sejak kehadirannya di Indonesia, mayoritas karyawan Shopee berusia di bawah 30 tahun.

Jenie Simon, Head of Human Resource Shopee Indonesia menyatakan bahwa di Shopee umur karyawan bukan menjadi faktor yang membatasi perkembangan karyawan.

Faktanya, dari total karyawan Shopee, lebih dari 90% berusia dibawah 30 tahun. Bahkan, 60% di top management level juga termasuk dalam generasi milenial. 

"Sebagai perusahaan yang bergerak di industri yang dinamis, karyawan milenial kami telah terbukti membantu Shopee dalam beradaptasi dan tumbuh dengan cepat, bahkan dalam menghadapi persaingan yang ketat," ujar Jenie, Rabu (18/7).

Generasi Milenial atau generasi Y adalah generasi yang lahir dari tahun 1980-an hingga 2000. Salah satu perbedaan antara generasi milenial dengan generasi lainnya adalah mereka tumbuh di tengah pesatnya perkembangan teknologi, konektivitas, dan informasi massa sehari-hari.

Sebagai generasi awal yang tumbuh di masyarakat digital, generasi milenial juga merupakan pendorong utama industri e-commerce. Terbukti generasi milenial lebih mengutamakan kenyamanan dan memilih akses mudah untuk review produk dan perbandingan harga di setiap platform e-commerce.

Menariknya, tren ini tercermin juga pada penjual Shopee yang menunjukkan bahwa 70% dari semua penjual yang bergabung dengan komunitas Kampus Shopee berada di bawah usia 30 tahun dan termasuk generasi milenial.

"Kami terus berusaha meningkatkan platform kami untuk memastikan bahwa pengguna memiliki informasi yang mereka butuhkan dalam proses jual beli online, termasuk ketika melihat peringkat penjualan dan review produk yang ditampilkan di toko penjual," tambah Monica Vionna, Marketing Manager Shopee Indonesia.

Untuk mendapatkan kinerja terbaik dari karyawan milenialnya, Shopee Indonesia memberi tiga keuntungan bagi karyawan Milenialnya, yaitu dari aspek fisik seperti asuransi kesehatan termasuk untuk kesehatan mata, gigi, hingga subsidi biaya melahirkan, Gym corporate rate khusus untuk mitra gym Shopee, dan program olahraga ShopeeFit yang diadakan secara rutin.

Kemudian aspek finansial yaitu gratis makan siang, makan malam, hingga subsidi transportasi setiap harinya bagi karyawan. Terakhir, aspek Psikologis melalui program CSR Shopee Care, program training Shopee Academy yang dilakukan secara berkala, program Management Trainee Global Leaders Program, dan lingkungan kerja yang kondusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru