HOME | Gadget |

INDUSTRI TEKNOLOGI

Sennheiser serius garap produk 3D video sound

oleh : Tantyo Prasetya | Rabu, 04 Oktober 2017 | 20:20 WIB

Sennheiser serius garap produk 3D video sound

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen spesialis audio asal Jerman, Sennheiser menunjukkan, keseriusannya untuk menggarap teknologi 3D Audio Recording.

Hal tersebut ditunjukkan dengan memperkenalkan produk AMBEO Smart Headset yang diklaim sebagai headset binaural pertama di dunia untuk smartphone yang intuitif dan ringkas.

Perkenalan produk tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dari Sennheiser Sound Forum seri ketiga tahun 2017 yang diselenggarakan di JSCHive Coworking Space, Jakarta, Rabu (4/10).

Garry Tjhin selaku Assistant Product Manager mengungkapkan, bahwa tren teknologi audio video sudah selangkah lebih maju, sehingga dibutuhkan perangkat yang ringkas yang bisa merekam dan menyimpan audio 3D dan video secara bersamaan.

"Setelah teknologi surround sound 7.1 kini Sennheiser ingin membawa teknologi immersive sound kepada penggunanya," terang Garry dalam sambutannya.

Headset tersebut merupakan headphone in-ear yang dilengkapi ear-hook agar dapat meminimalisasi suara structure-borne. Selain itu, dalam headset tersebut juga dilengkapi mikrofon built-in untuk merekam audio 3D. Untuk sementara, AMBEO Smart Headset disiapkan untuk perangkat Apple saja.

Garry menambahkan, jika sebelumnya proses recording harus melalui proses panning untuk membedakan suara yang berasal dari kanan dan kiri, kini perangkat mikrofon sudah tertanam dalam produk AMBEO Smart Headset.

"Selain itu ada fitur unik yang memungkinkan mendengar jika ada suara di sekitar kita, jadi bisa terdengar saat sedang menyeberang jalan lewat fitur transparent hearing," tambah Garry.

Selain produk tersebut, Sennheiser juga mengenalkan AMBEO VR Mic yang dianggap ideal untuk memproduksi konten Virtual Reality (VR) profesional.

Dengan hadirnya kedua produk yang memfokuskan untuk produksi 3D video sound ini, dapat menciptakan konten-konten video 360 derajat, seperti Facebook 360 dan Youtube 360. "Juga ideal bagi yang suka membuat video blogging atau vlog," tambah Garry.