Sensasi luar biasa snorkling di Umbul Ponggok

Senin, 31 Agustus 2015 | 00:20 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Sensasi luar biasa snorkling di Umbul Ponggok


KLATEN. Bagi para pencinta water sport, tentu sudah tidak asing lagi dengan snorkling atau diving. Nah, biasanya aktivitas ini dilakukan di pantai atau di laut.

Tapi tunggu dulu, tepatnya di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, sensasi bersnorkling atau pun diving bisa dilakukan di kolam air tawar. Di desa itu terdapat sumber air mata air yang sangat jernih dan banyak ikannya yakni Umbul Ponggok.

Umbul (mata air) Ponggok sudah yang ada ratusan tahun ini berbentuk kolam besar dengan ke dalam sampai 3 meter. Air jernih yang menyembur dari mata air sangat menggoda, lebih-lebih saat cuaca panas di musim kemarau sekarang ini.

Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000, pengunjung bisa bercengkrama dengan ikan-ikan yang hidup di Umbul Ponggok. Jenis-jenis ikan air tawar di antaranya ikan bawal dan ikan mas.

Uniknya,ikan-ikannya cukup jinak dan ukurannya yang rata-rata besar. Tak heran saat berenang, ikan-ikan ini berada dekat di sekeliling seakan ikut menemani. Sensasi ini yang menjadi keunggulan di Umbul Ponggok.

Bagi yang tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir. Di sini juga disediakan penyewaan peralatan snorkling seperti snorkel set, kaki katak (fin), dan juga pelampung (life jacket). Harga sewanya pun relatif murah, untuk sewa snorkel set cukup merogoh kocek Rp 15.000.

Satu lagi, tak lengkap kalau tidak mengabadikan moment saat berenang atau snorkling di Umbul Ponggok. Di sini juga disediakan penyewaan kamera underwater Rp 100 per jam.

Tak hanya itu, bagi yang ingin mencari suasana yang berbeda dan lain dari pada yang lain. Umbul Pungguk juga menjadi lokasi asyik foto prewedding. Tentunya, foto prewedding underwater.

Tak heran dalam kurun dua tahun terakhir ini, Umbul Ponggok pun langsung menjadi primadona. Dengan segala keunikannya berenang di sumber mata air dan tarif yang murah menjadi faktor utamanya. Penasaran!, tidak perlu ragu-ragu untuk mencicipi keasyikan berenang di Umbul Ponggok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru