Temajuk, sekeping surga di ekor Kalimantan

Kamis, 09 November 2017 | 22:24 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Temajuk, sekeping surga di ekor Kalimantan


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Mungkin belum banyak orang yang tahu Temajuk. Desa kecil di sudut utara Provinsi Kalimantan Barat menampilkan pesona pariwisata yang memukau.

Destinasinya sangat komplit. Dari mulai bukit, pantai, underwater, mangrove, hingga deretan homestay nan cantik, semua ada di Temajuk. Orang Kalimantan Barat kerap menyebutnya sebagai sekeping surga di ekor Kalimantan.

“Saya punya keyakinan ke depannya, Temajuk akan jadi destinasi wisata kelas dunia. Terbaik di dunia,” tutur Bupati Kabupaten Sambas, Atbah Romin Suhaili dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (9/11).

Ungkapan itu bukan tanpa alasan. Yang pertama, modal keindahan alam Temajuk ada di atas rata-rata. Kondisi pantainya masih alami. Pasir putihnya terhampar luas. Belum lagi gugusan bebatuan granit yang indah seperti di Tanjung Kelayang, Belitung.

Di Temajuk, traveller juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam di dermaga panjang yang ada di dusun Camar Bulan. Bisa juga berwisata di pusat peneluran penyu terpanjang di Indonesia. Panjangnya 63 km dari total 90 km garis pantai Temajuk. Atau bila yang ingin mencari nuansa yang unik-unik, bisa langsung melihat panen ubur-ubur.

Bicara soal akses, Kementerian PUPR sudah membuka jalan paralel di sepanjang area perbatasan dengan Malaysia. Jalannya membentang dari Kalimantan Utara (Kaltara) hingga Temajuk, Kalimantan Barat (Kalbar) sepanjang 1.900 Km. Pembangunan fisiknya sudah terlihat. Dari mulai penimbunan, perataan, pekerasan tanah dan perkerasan agregat, sudah mulai digarap. Bila ini jadi, Temajuk diprediksi bakal kebanjiran wisatawan.

Sedangkan mengenai atraksi, akan ada Festival Pesisir Paloh, 5-11 November 2017. Di Festival ini, sekitar 15 ribu orang langsung menyerbu Temajuk. Kawasan yang tadinya sepi berubah jadi lautan manusia.

Untuk amenitasnya? Jangan buru-buru under estimate dulu. Temajuk sudah punya 60 homestay berasitektur keren.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun tak segan melayangkan pujian. Baginya, Temajuk adalah sebuah surga. Surga yang indah untuk diabadikan dalam sebuah gambar, surga yang eksotik untuk digali keindahan setiap sudut panoramanya. Dan surga yang menjadi agenda wajib dalam daftar kunjungan.

“Ini potensi pariwisata yang besar. Kami akan terus bantu pasarkan agar makin banyak yang berkunjung ke Temajuk. Saya kira events crossborder bisa jadi solusi. Mudah-mudahan ini bisa jadi destinasi wisata bagi warga perbatasan di Malaysia,” harap Arief Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru