HOME| Otomotif| Komunitas & Hobi|

OTOMOTIF

Tenaga onta, takaran baru kekuatan mobil

oleh : Hasbi Maulana | Rabu, 15 Maret 2017 | 07:34 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Tenaga onta, takaran baru kekuatan mobil

DUBAI. Kita tentu sering mendengar istilah tenaga kuda (horse power) sebagai salah satu parameter performa kendaraan bermesin. Sebentar lagi, mungkin, kita juga bakal sering mendegar istilah tenaga onta (camel power). Tenaga onta juga menjadi penakar kinerja kendaraan bermesin, tapi khusus untuk lintasan di padang gurun.

Para insinyur Nissan mengembangkan Camel Power, formula yang diyakini dapat mengukur performa kendaraan di padang gurun yang memiliki kondisi off-road yang khas secara lebih akurat. Nissan mengklaim camel power dapat diperhitungkan secara ilmiah, sehingga memunculkan harapan akan metode pengukuran yang lebih tepat bagi kendaraan yang berjibaku di padang gurun.

Selama dua tahun terakhir Nissan telah meneliti dan menemukan bahwa pada dasarnya terjadi kondisi saling mempengaruhi antara berat kendaraan, kecepatannya ke arah tertentu, dan lintasan yang dilaluinya saat bergerak. Faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi termasuk manuver, torsi mesin, dan tentu saja keterampilan mengemudi. 

"Jika kita membakukan kecepatan dan lintasan kendaraan dalam lingkungan tertentu, kita bisa mengukur seberapa cepat kendaraan bergerak pada jarak tertentu dan memasukkan faktor beban kendaraan, dan di situlah kita menemukan camel power,” kata insinyur dari Unit Camel Power, Joseph Rachid El Hachem.

Ini adalah sebuah konsep sederhana yang penerapannya relatif mudah untuk menguji kendaraan dalam kondisi yang biasa ditemukan di Jazirah Arab.

Managing Director Nissan Timur Tengah, Samir Cherfan, mengatakan, "Kami optimis nantinya konsep bisa diterima oleh kalangan luas, baik komunitas pencinta off-road, maupun pelanggan yang memang membutuhkan kendaraan off-road untuk moda transportasi sehari-hari.”

Formula perhitungan Camel Power akhirnya diterjemahkan sebagai berikut:

Camel Power (CP) = velocity (kecepatan benda ke arah tertentu) x weight (berat benda) x sin (trajectory/lintasan benda yang bergerak dengan tenaga).

Selengkapnya, silakan baca Pressrelease.co.id

Sumber Pressrelease.id


0 Komentar
Salin Tulisan