HOME | Style |

LIFESTYLE

Tips agar liburan akhir tahun terealisasi

oleh : Francisca Bertha Vistika | Jumat, 14 Oktober 2016 | 17:48 WIB

Tips agar liburan akhir tahun terealisasi

 

JAKARTA. Tinggal tiga dua bulan lagi memasuki libur akhir tahun. Sudahkah Anda punya rencana untuk berlibur? Jika sudah, bagaimana dananya? Apakah sudah siap?

Tejasari, Perencana Keuangan Tatadana mengatakan, biasanya yang namanya plesiran dilakukan satu tahun sekali atau pada momen khusus seperti Liburan anak dan lainnya.

"Kalau memang tiap satu tahun sekali bisa memanfaatkan bonus tahunan atau dari THR. Kalau bonus tahunannya besar ya bisa jalan-jalan jauh," ujar Teja pada KONTAN).

Apabila ternyata bonus atau THR sudah terpakai mau tak mau harus menabung dari jauh-jauh hari. Hal pertama yang harus ditabung adalah biaya tiket pesawat. "Beli tiket di jauh hari lebih murah. Bisa dengan memanfaatkan cicilan 0% dari promo kartu kredit. Itu kan seperti menabung saja," kata Teja.

Kalau tidak punya kartu kredit harus mulai menabung. Prioritas menabung pertama adalah membeli tiket pesawat. Apabila sudah terbeli, baru menabung untuk penginapan atau hotel.

Nah, jika keduanya sudah aman, saatnya menabung untuk makan, jalan-jalan di tempat tujuan dan juga menabung untuk belanja. "Menabung untuk dana Liburan sebaiknya tidak lebih dari 10% penghasilan kita," tutur Teja.