Tips membersihkan noda tinta di kain

Sabtu, 15 Oktober 2016 | 09:10 WIB   Reporter: Rizki Caturini
Tips membersihkan noda tinta di kain


JAKARTA. Tinta yang biasa Anda gunakan untuk menulis memiliki banyak jenis, dalam artian tidak semua terbuat dari bahan yang sama. Ada tinta berbasis air, tinta permanen, dan bolpoin.

Satu hal yang cukup mengganggu, adalah saat tinta tertumpah lalu terkena pakaian. Kadang secara tidak sadar Anda mengantongi bolpoin Anda, dan tintanya merembes di bahan baju. Saat menyadarinya, tinta sudah membentuk noda di baju.

Menyebalkannya, noda tinta sulit dihilangkan. Walaupun telah dicuci tetap saja akan meninggalkan jejak noda. Tidak dapat benar-benar bersih. Tapi ada beberapa metode efektif yang dapat Anda terapkan untuk membersihkan noda tinta dari pakaian.

Noda Tinta Berbasis Air

Dari sekian jenis tinta, noda tinta berbasis air lumayan mudah dihilangkan. Tinta berbasis air biasa digunakan untuk mesin percetakan, seperti mesin printing untuk tekstil, ada juga yang digunakan untuk spidol.

Bila pakaian Anda terkena noda tinta berbasis air, metode terbaik untuk membersihkannya adalah, letakkan pakaian bernoda di atas handuk atau kain kering yang bersih. Semprot bagian bernoda dengan air lalu tekan dengan kain atau handuk bersih lainnya.

Dianjurkan saat mencuci Anda menggunakan air yang benar-benar panas. Selain itu, saat akan dikeringkan, pastikan baju sudah bersih dari paparan alkohol.

Perlahan noda tinta akan terserap dan tertransfer ke handuk kering. Semprotkan juga sedikit deterjen cair pada noda. Biarkan pakaian terhimpit di antara handuk selama 3-5 menit.

Selepas itu, jika pakaian Anda terbuat dari bahan khusus layaknya sutra, cuci pakaian seperti biasa. Jika masih ada bekas noda terlihat, maka ulangi lagi metode di atas, sampai noda tinta benar-benar menghilang.

Noda Tinta Permanen

Untuk tinta permanen, ini jenis noda yang paling sulit untuk dihilangkan. Apalagi untuk kain putih. Metode berikut setidaknya akan membantu untuk agak memudarkan noda.

Langkah pertama, cobalah untuk menggunakan alkohol. Letakkan bagian bernoda di atas kain atau handuk kering yang bersih, lalu semprotkan alkohol. Perlahan kain di bawah akan basah dan noda tinta akan terserap.

Yang perlu diperhatikan, sebaiknya hindari bagian tidak bernoda terkena alas handuk untuk menghindari noda terpapar pada bagian lain. Saat mencuci pastikan Anda membilas dengan bersih, jangan sampai alkohol masih melekat pada pakaian.

Saran berikutnya, jika alkohol tidak bekerja dengan baik, cobalah gunakan pembersih cat kuku. Peringatan, hal ini agak sulit diterapkan, ada kemungkinan justru akan merusak kain.

Jadi, sebelum langsung diterapkan, sebaiknya Anda melakukan sedikit pengujian terlebih dahulu pada bagian tersembunyi pada pakaian. Untuk metode membersihkan sama dengan yang menggunakan alkohol.

Noda Bolpoin

Selanjutnya, jika tinta berbasis air mudah hilang dan tinta permanen hampir tidak mungkin benar-benar dapat hilang, maka untuk tinta bolpoin tingkat kesulitannya berada di tengah-tengah.

Metode menghilangkan tinta bolpoin sama dengan metode sebelumnya. Taruh bagian bernoda di atas kain kering yang bersih, semprotkan alkohol pada noda, lalu tekan lagi dengan kain bersih. Setelah proses selesai, cuci pakaian Anda sampai benar-benar bersih. Disarankan untuk menggunakan air panas.

(Sumber: Rumahku.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru