Wisatawan tak bisa mengunjungi Baduy Dalam pada Februari-April

Senin, 19 Februari 2018 | 11:41 WIB Sumber: Kompas.com
Wisatawan tak bisa mengunjungi Baduy Dalam pada Februari-April

ILUSTRASI. Desa Terunik di Indonesia - Kampung Baduy


INDUSTRI PARIWISATA - BANTEN.  Desa Adat Baduy yang terletak di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berkunjung. Di Baduy, wisatawan dapat melihat bagaimana kekayaan alam hingga kearifan lokal masyarakat Baduy.

Di Desa Kanekes atau Baduy ini terbagi menjadi dua bagian, yakni Baduy Luar dan Baduy Dalam. Wisatawan pun bisa berkunjung hingga sampai di Baduy Dalam yang mencakup tiga kampung, antara lain Cibeo, Cikartawana, dan Cikeusik.

Namun, jika wisatawan ingin berkunjung ke sana, sebaiknya perhatikan waktu atau bulan yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan. Sebab, di Baduy Dalam memiliki aturan sendiri soal jadwal kunjungan.

“Di Baduy Dalam ada tata tertibnya untuk pengunjung. Ada batas dan aturannya yang memang harus dipatuhi. Selama bulan Kawalu, selama tiga bulan berturut-turut tertutup untuk pengunjung. Jadi pengunjung tidak boleh masuk ke Baduy Dalam,” ujar salah satu tokoh adat Baduy, Ayah Mursid kepada KompasTravel  di Kampung Gejebo, Desa Adat Baduy, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (17/2).

Ia menjelaskan, di bulan Kawalu tersebut para penduduk Baduy Dalam akan melakukan serangkaian ritual. Adapun bulan Kawalu ini merupakan masa panen berturut-turut pada bulan Februari hingga April.

“Kawalu dilaksanakan mulai Februari dan selesai di April. Kami akan ada ritual adat. Kalau di Islam seperti halnya Idul Fitri,” kata dia.

Ayah Mursid menjelaskan, di Baduy Dalam sendiri memiliki aturan lainnya seperti halnya tidak boleh melewati halaman, mandi menggunakan sabun, dan mengambil gambar atau pun foto-foto di wilayah Baduy Dalam.

Kemudian juga baik pada saat Kawalu mau pun di luar itu, wisatawan asing atau mancanegara (wisman) pun tidak diperkenakan berkunjung ke wilayah Baduy Dalam. Wisman hanya diperkenankan berkunjung di wilayah Baduy Luar.

Meski para pengunjung atau wisatawan nusantara tidak dapat berkunjung ke wilayah Baduy Dalam pada bulan Februari hingga April, tetapi masih diperbolehkan untuk berkunjung ke kampung-kampung yang ada di Baduy Luar.  

Adapun ciri-ciri penduduk Baduy Dalam adalah mereka yang biasanya menggunakan busana hitam atau putih. Kemudian menggunakan kain atau biasa disebut samping, serta menggunakan ikat kepala bewarna putih.

Sementara penduduk Baduy Luar ciri-cirinya menggunakan baju bewarna hitam dan batik bewarna biru. Batik tersebut biasanya dikenakan sebagai kain atau samping, dan ikat kepala. (Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Februari hingga April, Wisatawan Tak Bisa Berkunjung ke Baduy Dalam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru