HOME | Otomotif | Komunitas & Hobi |

SKUTER VESPA

Yogyakarta diserbu ribuan penggemar Vespa

oleh : Yudho Winarto | Kamis, 14 September 2017 | 14:58 WIB

Yogyakarta diserbu ribuan penggemar Vespa

KONTAN.CO.ID - Ribuan penggemar Vespa akan berkumpul di DIY untuk memeriahkan "Asia Vespa Days 2017" yang akan diselenggarakan di dua lokasi yaitu Candi Prambanan dan Kompleks Balai Kota Yogyakarta selama dua hari.

"Kegiatan yang baru diselenggarakan untuk pertama kalinya ini akan diawali dengan kegiatan di Candi Prambanan pada Jumat (15/9) dan pada Sabtu (16/9) akan digelar acara di Kompleks Balai Kota Yogyakarta sekaligus untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-261 Kota Yogyakarta," kata Ketua Vespa Club Indonesia Frannata Suryanto di Yogyakarta, Kamis (14/9).

Menurut dia, selain akan dihadiri penggemar Vespa dari berbagai daerah di Indonesia, kegiatan tersebut juga akan diikuti penggemar Vespa dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Tiongkok, Vietnam, bahkan ada penggemar Vespa dari Amerika Serikat yang datang atas nama pribadi.

Beberapa waktu lalu, lanjut Frannata, ia juga menerima informasi tentang penggemar Vespa dari Italia yang akan hadir. Penggemar tersebut bahkan datang dengan mengendarai Vespa langsung dari Italia. "Mereka sudah berangkat sejak Juli," katanya.

Meskipun demikian, tidak sembarangan Vespa dapat mengikuti kegiatan tersebut karena panitia hanya memberikan kesempatan kepada Vespa yang masih asli pabrikan tanpa modifikasi.

"Peserta juga diharapkan dapat saling mengenalkan budaya dari daerah asalnya masing-masing. Selain menghias Vespa yang akan dikendarai, peserta juga diperbolehkan mengenakan kostum," katanya.

Salah satu Vespa yang akan ditampilkan, lanjut dia, cukup unik yaitu Vespa batik. Proses pembuatannya, Vespa dilukis menggunakan canting untuk membentuk motif batik parang.

"Sedangkan Vespa tertua yang akan ikut memeriahkan acara adalah Vespa buatan 1950-an," katanya.

Sementara itu, untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-261 Kota Yogyakarta akan digelar "Grebeg Vespa" dengan menyusuri jalan-jalan utama di Yogyakarta di antaranya Malioboro.

"Kami juga akan menyusun konfiguasi 261 sesuai angka ulang tahun Kota Yogyakarta," katanya yang berharap kegiatan tersebut dapat memeriahkan suasana Yogyakarta menjelang hari ulang tahun yang jatuh pada 7 Oktober.

Sumber Antara