FC Cologne umumkan tiga kasus virus corona baru, nasib Bundesliga kembali suram

Sabtu, 02 Mei 2020 | 18:33 WIB Sumber: Reuters
FC Cologne umumkan tiga kasus virus corona baru, nasib Bundesliga kembali suram

ILUSTRASI. Pertandingan Borussia Moenchengladbach v FC Cologne pada 11 Maret 2020 yang dilakukan tanpa penonton


VIRUS CORONA - BERLIN. Rencana Bundesliga untuk segera bergulir kembali menimbulkan kekhawatiran setelah tiga orang di tim sepakbola papan atas Jerman FC Cologne positif terinfeksi virus corona.

Saat ini, Bundesliga masih berjuang untuk meyakinkan pemerintah bahwa musim 2019/2020 dapat segera dilanjutkan kembali pada bulan Mei ini. Hal ini terjadi setelah angka infeksi harian turun, namun di saat bersamaan FC Cologne mengumumkan terdapat tiga kasus positif pada hari Jumat (1/5).

"Kemungkinan dua pemain, satu staf terinfeksi," tulis Karl Lauterbach, anggota parlemen senior dari Partai Sosial Demokrat, mitra junior dalam koalisi Kanselir Angela Merkel, di Twitter pada hari Sabtu (2/5).

Baca Juga: Wabah corona belum reda, penyelenggaraan Bundesliga alias Liga Jerman tertunda lagi

"Sisa (pemain) terus berlatih. Siapa pun yang berlatih dengan Covid-19 berisiko mengalami kerusakan paru-paru, jantung, dan ginjal," tambah Lauterbach, yang merupakan profesor ekonomi kesehatan dan epidemiologi.

"Saya terkejut bahwa para pemain mengizinkan ini," katanya mengacu pada pelatihan FC Cologne yang terus berlanjut dengan anggota skuad lainnya padahal seharusnya pada pemain harus dikarantina sebagai tindakan pencegahan.

"Sepak bola harus menjadi contoh model dan bukan 'roti dan permainan'," katanya.

Cologne telah mengatakan, ketiga kasus yang ditemukan ini bebas dari gejala dan mereka telah ditempatkan di karantina selama 14 hari. Tetapi klub tidak mengkonfirmasi nama-nama yang terinfeksi karena menghormati privasi yang bersangkutan, klub ini juga tidak mengatakan apakah ada pemain yang positif.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru