Ingin punya tanaman cabai di rumah? Simak dulu tips menanam cabai dari ahlinya

Kamis, 23 Juli 2020 | 17:01 WIB Sumber: Kompas.com
Ingin punya tanaman cabai di rumah? Simak dulu tips menanam cabai dari ahlinya


HOBI - JAKARTA. Anda ingin punya tanaman cabai di rumah? Bisa kok, untuk menanam cabai Anda tidak perlu lahan besar. 

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar cabai? 

Cabai, salah satu tanaman yang banyak diidolakan masyarakat. Maklum saja, rata-rata lidah masyarakat tanah air menyukai makanan bercita rasa pedas.

Karena digemari, harga cabai di pasaran selalu berubah-ubah tergantung dengan stok serta permintaan. 

Baca Juga: Obat herbal yang ampuh meredakan rematik Anda

Alih-alih membeli cabai di pasar, Anda bisa menanam cabai di rumah. Saat panen tiba, Anda bisa mengolah cabai menjadi menu makanan apa saja sesuai dengan keinginan. 

Asal tahu saja, menanam cabai tidak membutuhkan halaman yang luas. Selain itu, cabai sangat mudah ditanam dan dibudidayakan.   
 
Sarah Adipayanti, Learning Coordinator Kebun Kumara menjabarkan tips menanam cabai di rumah. 

Cara menanam cabai 

1. Pastikan Anda memiliki benih cabai yang baik untuk ditanam. Bibit cabai yang bagus bisa didapatkan dari buah cabai yang kualitasnya baik pula, diambil dari buah cabai yang segar dan ukurannya besar. 

“Anda bisa kok langsung ambil benih cabai yang ada di dapur itu juga bisa langsung ditanam, yang penting perawatannya aja, jadi kebutuhan mataharinya terpenuhi, kebutuhan airnya dan kebutuhan tanamnya,” jelas Sarah kepada Kompas.com, Minggu (21/6/2020). 

2. Sebelum ditanam, benih cabai perlu direndam supaya tahu mana benih yang kopong dan mana yang tidak. Cara mengetahuinya, rendam benih cabai. Kalau mengapung, berarti itu benih kopong. 

3. Setelah direndam, jemur benih cabai terlebih dahulu, supaya tidak busuk. Proses penjemuran di bawah matahari selama tiga sampai lima hari. Namun setelah dijemur, biji cabai juga bisa direndam kembali untuk merangsang akar agar cepat tumbuh. 

Setelah itu cabai bisa langsung ditanam. Waktu panen cabai akan berlangsung selama lima sampai enam bulan setelah ditanam.

Pengaruh media tanam pada pertumbuhan cabai 

Pertumbuhan cabai bergantung pada kualitas media tanamnya. Kandungan tanah, pupuk, dan faktor lain dalam media tanam harus diperhitungkan. 

Menentukan media tanam sangat berpengaruh pada tanaman. Media tanam yang dianjurkan bisa mencampurkan sekam, kompos, pupuk kandang, tanah dengan perbandingan 2:1:1:2. 

Selain itu cabai akan memiliki ukuran yang besar jika media tanam dicampur dengan sedikit tanah merah. Sebenarnya tidak perlu memberikan pupuk setiap hari pada tanaman. Alasannya, tanaman tidak bisa tumbuh maksimal dan malah overdosis. 

“Lebih baik lihat kondisi tanamannya dulu jangan langsung diberikan pupuk setiap harinya,” papar wanita yang akrab disapa Ara. Saat kondisi tanaman layu bisa disiram air terlebih dahulu karena bisa saja kurang air. Namun jika masih layu bisa ditambahkan pupuk.

Tanah berfungsi sebagai penghantar makanan bagi tumbuhan sehingga penting untuk menentukan kandungan di dalamnya. 

“Tapi tergantung ada orang yang kasihnya (pupuk) seminggu sekali, ada yang sebulan sekali,” jelas Sarah. Kondisi tanah juga memengaruhi cepat lambatnya tanaman panen. Tanah yang baik ciri-cirinya ada tiga yakni 

  • Tekstur tanah gembur, tidak padat tapi juga tidak terlalu berpasir. 
  • Tanah berwarna gelap yang menandakan telah menyerap sinar matahari dan biasanya akan menyimpan banyak unsur hara. 
  • Terdapat kehidupan di dalamnya. 

“Misalkan ada cacing, atau ada binatang-binatang lainnya. Dengan adanya banyak kehidupan di dalam tanah tersebut itu yang menandakan tanah itu subur,” tambah Ara.(Yana Gabriella Wijaya) 

Baca Juga: Tidak ingin asam lambung naik? Hindari makanan dan minuman ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Tanam Cabai di Rumah, Tak Perlu Lahan Luas",
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru