Para ilmuwan Kanada buat aplikasi yang bisa deteksi kesehatan mental

Senin, 20 Juli 2020 | 16:34 WIB Sumber: Engadget,Engadget,engadget.com
Para ilmuwan Kanada buat aplikasi yang bisa deteksi kesehatan mental

ILUSTRASI. Para ilmuwan di Kanada membuat aplikasi yang dapat mendeteksi kesehatan mental seseorang.


APLIKASI. Kesehatan mental tak kalah penting karena terkait dengan kondisi jiwa seseorang. Para ilmuwan Kanada membuat aplikasi yang bisa mendeteksi kesehatan mental seseorang. 

Maklum, meskipun secara fisik terlihat sehat, Anda tidak tahu apa yang ada di belakang orang-orang di sekitar kita. Baru-baru ini para ilmuwan dari Universitas Dalhouise, Kanada, mengembangkan aplikasi bernama PROSIT.

Melansir Engadget.com, Senin (20/7), para ilmuwan dari Universitas Dalhouise mengembangkan aplikasi tersebut lantaran menaruh perhatian dengan kesehatan mental. Dengan PROSIT, para ilmuwan dapat mengetahui kondisi kesehatan mental seseorang dengan smartphone.

Para ilmuwan bisa melihat, bagaimana seseorang sedang dalam kondisi gelisah atau depresi saat menggunakan smartphone. Aplikasi ini juga dapat merekam beberapa kegiatan pengguna di smartphone.

Baca Juga: Wah, aplikasi translate Fabricius mampu menerjemahkan tulisan Hieroglif Mesir kuno

Misalnya, olahraga, waktu tidur, selera musik yang didengarkan, dan panggilan atau pesan masuk. Kecepatan mengetik seseorang juga bisa mengidentifikasikan bagaimana kondisi emosionalnya.

Untuk mengetahui kesehatan mental, peneliti meminta pengguna PROSIT merekam audio dengan durasi 90 detik, bagaimana keadaan minggu ini dalam skala 1 sampai 5. 

Para ilmuwan juga menyadari pentingnya data pribadi. Oleh karena itu, mereka meminta persetujuan terlebih dahulu kepada pengguna. Pengguna akan menandatangani form persetujuan sebelum mengunakan aplikasi PROSIT.

Informasi pribadi pengguna para peneliti simpan di lokasi yang aman. Terlepas dari semua itu, aplikasi ini sangat membantu psikolog dalam menangani pasien di tengah pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Instagram segera luncurkan fitur baru mirip TikTok, ini namanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru