Wah, aplikasi translate Fabricius mampu menerjemahkan tulisan Hieroglif Mesir kuno

Senin, 20 Juli 2020 | 12:31 WIB Sumber: Mashable
Wah, aplikasi translate Fabricius mampu menerjemahkan tulisan Hieroglif Mesir kuno

ILUSTRASI. Aplikasi translate Fabricius mampu menerjemahkan tulisan Hieroglif Mesir kuno


APLIKASI - JAKARTA. Pengin belajar Hieroglif? Aplikasi translate Fabricius mampu menerjemahkan tulisan Hieroglif Mesir kuno, lo. 

Bahasa menjadi salah satu alat konkret yang manusia gunakan untuk berkomunikasi. Sayangnya, tidak semua orang menguasai berbagai macam bahasa yang ada di dunia, apalagi Hieroglif. 

Seiring pekembangan teknologi, kini ada aplikasi Google Translate. Bahkan, bahasa Mesir kuno yang menggunakan sistem penulisan Hieroglif.

Jelas, untuk orang awam sulit untuk memahami prasasti Hieroglif. Namun jangan khawatir, ada aplikasi menarik yang bisa menerjemahkan tulisan Hieroglaf.

Baca Juga: Paling banyak diunduh, aplikasi ini mendapatkan predikat 'raja unduhan'

Melansir Mashable.com, Senin (20/7), aplikasi bernama Fabricius dapat menerjemahkan tulisan Hieroglif. Aplikasi translate ini cukup menarik, mengajak penggunanya untuk belajar dan bermain.

Memanfaatkan teknologi machine learning besutan Google bernama Cloud Auto Machine Learning, Fabricius mampu menerjemahkan berbagai simbol Hieroglif.

Konsep Hieroglif sebenarnya mirip dengan emoji, merepresentasikan sebuah perasaan atau perkataan dari seseorang dalam simbol-simbol tertentu.

Fabricius dikembangkan oleh Google Art & Culture yang bekerjasama dengan Australian Center for Egyptology at Macquarie University, Psycle Interactive, Ubisoft, dan tim ahli Mesir dunia.

Baca Juga: Semakin interaktif, aplikasi Facebook Messenger kini dukung fitur share screen

Nama Fabricius sendiri diambil dari nama Bapak Epigrafi George Fabricius. Jika tertarik untuk belajar sambil bermain dengan tulisan Hieroglaf ini, Anda bisa mengunjungi link https://artsexperiments.withgoogle.com/fabricius/en

Untuk saat ini, aplikasi translate Hieroglaf baru tersedia dalam bahasa Inggris dan Arab. Anda bisa mempraktikan ucapan sederhana seperti happy birthday menjadi tulisan Hieroglaf.

Dan, bagikan ke teman Anda melalui media sosial untuk memberikan selamat dalam kode simbol.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru