Gadget

Paling banyak diunduh, aplikasi ini mendapatkan predikat 'raja unduhan'

Senin, 20 Juli 2020 | 10:47 WIB   Reporter: Arif Budianto
Paling banyak diunduh, aplikasi ini mendapatkan predikat 'raja unduhan'

ILUSTRASI. Aplikasi Zoom Meeting mendapatkan predikat 'raja unduhan' di seluruh dunia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi covid-19 membuat banyak orang terpaksa harus berada di rumah masing-masing. Meskipun begitu, beberapa orang harus tetap produktif untuk pekerjaannya meskipun dari rumah. Salah satu kegiatan produktif yang sering dilakukan saat ini adalah meeting online

Dengan beberapa aplikasi pendukung seperti Zoom, sangat membantu mereka saat melakukan kegiatan meeting online. Banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi Zoom Meeting ditengah pandemi Covid-19 ternyata membuat rekor baru. 

Melansir dari laporan Sensor Tower (20/07), jumlah unduhan seluruh aplikasi smartphone pada kuartal ke-2 di seluruh dunia mencapai angka 37,8 Milyar. Angka tersebut merupakan akumulasi dari aplikasi yang diunduh melalui Appstore dan PlayStore.

Di Appstore sendiri menyumbangkan 9,1 Milyar jumlah unduhan di seluruh dunia. Sementara di PlayStore menyumbangkan angka yang jauh lebih besar, yaitu 28,7 Milyar jumlah download di seluruh dunia.

Baca Juga: Tutorial: Cara berbagi layar atau share screen di Google Meet PC

Dari keseluruhan aplikasi yang telah di diunduh oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Aplikasi Zoom meeting berhasil bertengger di posisi puncak. 

Jumlah pengguna yang telah mengunduh aplikasi Zoom meeting di Appstore mendekati 94 juta. Sementara di PlayStore jumlah penggunanya mencapai angka 300 juta kali unduhan mengikuti jejak TikTok dan Pokemon Go.

Tiga aplikasi tersebut berhasil memecahkan rekor jumlah unduhan terbesarnya hanya dalam waktu hanya 3 bulan saja. 

Kondisi Covid-19 ini memaksa kegiatan meeting untuk sementara ini dilakukan secara online salah satunya dengan bantuan aplikasi. Salah satunya seperti aplikasi Zoom meeting yang baru saja berhasil mendapatkan predikat sebagai 'raja unduhan'.

Meskipun begitu, pada awalnya Zoom meeting menuai kontra. Alasannya adalah isu keamanan seperti pencurian data pengguna oleh pihak Zoom. 

Belum lagi permasalahan yang ditemukan pengguna, seperti 'Zoom bombing' atau orang tidak dikenal yang tiba-tiba muncul saat rapat.

Jika Anda parno dengan aplikasi Zoom meeting, masih ada alternatif lainnya yang bisa digunakan. Seperti Google Meet, Skype, Microsoft Teams dan masih banyak aplikasi sejenis yang lainnya.

Baca Juga: Semakin interaktif, aplikasi Facebook Messenger kini dukung fitur share screen

Editor: Arif Budianto


Terbaru