10 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Cappadocia, Turki

Selasa, 28 Desember 2021 | 09:55 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
10 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Cappadocia, Turki

ILUSTRASI. Wisata balon udara di Cappadocia

KONTAN.CO.ID - Cappadocia adalah wilayah di distrik kuno di timur Anatolia, Turki yang terkenal dengan lanskap uniknya yakni rumah-rumah batu, gereja-gereja gua, kota bawah tanah, dan permukaan bulan.

Cappadocia adalah salah satu tujuan wisata yang terkenal di Turki dan berada di utara Pegunungan Taurus. Lanskap cantik Cappadocia mencakup hamparan dramatis batuan vulkanik lunak, yang dibentuk oleh erosi menjadi menara, kerucut, lembah, dan gua.

Gereja-gereja batu dan kompleks terowongan bawah tanah dari era Bizantium dan Islam tersebar di seluruh wilayah Cappadocia.

Dirangkum dari laman ensiklopedia Britannica, tembikar dan peralatan neolitik yang ditemukan di Cappadocia membuktikan keberadaan manusia purba di wilayah tersebut.

Baca Juga: Selain Balon Udara, Ini Wisata yang Wajib Dikunjungi Ketika Berlibur di Cappadocia

10 Destinasi wisata di Cappadocia

Sementara itu, dirangkum dari laman Travel Triangle, berikut adalah 12 destinasi wisata menarik di Cappadocia:

1. Goreme Open-Air Museum

Goreme Open-Air Museum adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang harus dikunjungi di Cappadocia. Goreme Open-Air Museum adalah kompleks biara yang luas. Goreme Open-Air Museum telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1984.

2. Zelve Open Air Museum

Zelve Open Air Museum adalah sebuah situs yang mirip dengan kota gua yang menakjubkan. Di situs ini terdapat tempat tinggal dan biara yang berada di gua-gua.

Wisatawan biasanya akan menikmati Cappadocia dengan menyusuri jalan setapak di sisi tebing Zelve Open Air Museum, menjelajahi interior gua yang menghitam karena api, dan menatap pemandangan luar biasa di pedesaan sekitarnya.

Baca Juga: Total Kasus Varian Omicron di Indonesia Capai 46 Kasus

3. Kota Bawah Tanah Kaymakli

Kota Bawah Tanah Kaymakli dibangun di bawah bukit dan dikenal sebagai Benteng Kaymakli. Kota bawah tanah Kaymakli dibuka untuk pengunjung sejak tahun 1964.

Kota bawah tanah Kaymakli terdiri dari delapan lantai di bawah tanah, empat di antaranya dibuka dan dapat dijelajahi oleh wisatawan.

4. Lembah Ihlara

Lembah Ihlara adalah salah satu destinasi wisata utama saat berada di Cappadocia lantaran pemandangan pohon poplarnya yang tinggi dan lahan pertanian subur. Selama periode Bizantium, Lembah Ihlara adalah tempat peristirahatan favorit bagi komunitas biksu hermetis.

Kokar Kilise (Gereja Harum), Yılanlı Kilise (Gereja Ular), dan Kirk Dam Altı Kilise (Gereja St. George) adalah tiga dari gereja terbaik yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Lembah Ihlara.

Baca Juga: Israel Menawarkan Vaksin COVID-19 Dosis Keempat Akibat Merebaknya Varian Omicron

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru