kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

1.000 seniman ikuti pawai pembukaan pesta kesenian Bali 2018


Minggu, 24 Juni 2018 / 14:32 WIB

1.000 seniman ikuti pawai pembukaan pesta kesenian Bali 2018
ILUSTRASI. Pesta kesenian Bali

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembukaan acara Pesta Kesenian Bali (PKB) 2018 yang ke-40 berlangsung meriah. Sekitar 1000 seniman hadir dan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Acara yang berlangsung pada Sabtu (23/06) merupakan acara PKB yang diselenggarakan untuk ke-40 kalinya yang sekaligus dibuka langsung oleh Presiden RI Jokowidodo bersama Ibu negara, Iriana Joko Widodo.


Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha mengatakan setidaknya tercatat ada sekitar 1.000 seniman yang mengikuti pawai pembukaan acara tersebut.

"Dari jumlah itu juga diikuti oleh perwakilan peserta dari luar Bali seperti dari Papua, komunitas dari Sunda Kecil serta ada perwakilan dari Konjen Jepang dan China," ujar Beratha dalam siaran pers, Minggu (24/6).

Menurutnya, acara tersebut diawali dengan penampilan penyambutan rombongan Presiden beserta sejumlah Menteri Kabinet Kerja dengan tarian api yakni Teja Dharmaning Kauripan atau dikenal sebagai Api Spirit Penciptaan.

"Tari tersebut sesuai dengan PKB 2018 yakni Teja Dharmaning Kauripan:Api Spirit Penciptaan yang diharapkan mampu membangun dan semangat masyarakat dan setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan kesenian dari 9 kabupaten/kota di Bali," tuturnya.

Acara tersebut akan berlangsung hingga 21 Juli 2018 mendatang. "Acara ini nantinya sampai Juli dan kabar bahagia lainnya adalah Presiden RI Jokowidodo meminta pawai PKB ini ditampilkan saat IMF-World Bank Annual Meeting 2018 Oktober nanti," ujarnya.


Reporter: Nur Pehatul Janna
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×