11 Prodi S1 militer Universitas Pertahanan, tak dipungut biaya sepeser pun!

Selasa, 23 November 2021 | 04:20 WIB Sumber: Kompas.com
11 Prodi S1 militer Universitas Pertahanan, tak dipungut biaya sepeser pun!

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui sejumlah kementerian memberikan beasiswa kuliah penuh, di antaranya melalui program beasiswa Kemendikbud Ristek, LPDP Kemenkeu, Perguruan Tinggi Kedinasan, termasuk Universitas Pertahanan RI yang dibina oleh Kementerian Pertahanan RI. 

Unhan didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2011 tanggal 7 Februari 2011 tentang Universitas Pertahanan Sebagai Perguruan Tinggi Yang Diselenggarakan oleh Pemerintah. 

Sebagai perguruan tinggi pemerintah, Unhan secara teknis akademik dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau sekarang Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan secara teknis fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan RI (Kemhan RI). 

Selama menjalani masa pendidikan, mahasiswa Unhan bebas biaya pendaftaran, biaya kuliah, biaya yang berhubungan dengan pendidikan, hingga biaya hidup seperti tempat tinggal asrama dan makan. 

Pada tahun 2024, Universitas Pertahanan memiliki visi untuk menjadi universitas berstandar kelas dunia (world class defense university) dengan berbasis riset yang melestarikan nilai-nilai kebangsaan. 

Baca Juga: 34 Kampus terbaik di Indonesia versi QS AUR 2022, nomor 1 bukan UGM atau ITB

Guna menghasilkan lulusan berjatidiri kebangsaan, berkarakter bela negara, dan berdaya saing keilmuan pertahanan dan bela negara sesuai bidang. Para lulusan dari masing-masing program studi nantinya akan bekerja secara penuh sebagai prajurit-prajurit TNI. 

Program beasiswa Unhan Program Sarjana S1 Unhan RI biasanya dimulai pada awal Maret. Bagi siswa yang memiliki keinginan untuk masuk Unhan RI, berikut daftar jurusan kuliah serta syarat masuknya: 

Fakultas dan Program Studi S1 Unhan RI 

Melansir pendaftaran Unhan di tahun 2021, berikut Fakultas dan Program Studi Militer yang ditawarkan Unhan RI: 

  1. Fakultas Kedokteran Militer Prodi Pendidikan Kedokteran Prodi Profesi Dokter
  2. Fakultas Farmasi Militer Prodi Ilmu Farmasi
  3. Fakultas MIPA Militer Prodi Biologi Prodi Kimia Prodi Fisika Prodi Matematika
  4. Fakultas Teknik Militer Prodi Teknik Informatika Prodi Teknik Konstruksi Bangunan Militer Prodi Teknik Elektro Prodi Teknik Mesin 

Baca Juga: Versi QS AUR 2022, ini 14 universitas swasta terbaik di Indonesia, Binus juara!

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru