2.085 Calon Mahasiswa Diterima ITB Lewat Jalur SNMPTN 2022, Ini Cara Daftar Ulang

Rabu, 30 Maret 2022 | 13:44 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
2.085 Calon Mahasiswa Diterima ITB Lewat Jalur SNMPTN 2022, Ini Cara Daftar Ulang

ILUSTRASI. ITB menerima sebanyak 2.085 calon mahasiswa SNMPTN 2022, simak langkah untuk daftar ulang.


SNMPTN - Pengumuman Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri atawa SNMPTN 2022 sudah dirilis. Calon mahasiswa yang diterima di Institut Teknologi Bandung atau ITB melalui jalur ini bisa mempersiapkan diri untuk daftar ulang. 

ITB merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menjadi pilihan favorit SNMPTN. Tahun ini, ITB menerima sebanyak 2.085 calon mahasiswa baru jalur SNMPTN 2022.  

Prof. Jaka Sembiring, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, menyampaikan selamat kepada peserta yang dinyatakan lolos jalur SNMPTN 2022.

“Selamat kepada adik-adik yang telah diterima, dan mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk melanjutkan studi di ITB,” ucap Prof. Jaka, seperti dikutip dari situs ITB.

Baca Juga: Ada 2.690 Calon Mahasiswa Diterima UGM Jalur SNMPTN 2022, Cek Cara Daftar Ulangnya

Dia memaparkan, sebaran calon mahasiswa yang diterima di ITB berasal dari 31 provinsi di Indonesia. Dari jumlah ini, sebanyak 229 calon mahasiswa merupakan calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Dari 2085 orang calon mahasiswa yang diterima melalui melalui SNMPTN 2022, perbandingan jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang diterima ITB adalah sebesar 51:49. 

Prof. Jaka menambahkan, ITB Kampus Cirebon menerima sebanyak 522 mahasiswa asal Cirebon dari sekitar total 203 mahasiswa baru jalur SNMPTN 2022 di Kampus Cirebon atau sekitar 25,6 persen.  

“Hal ini sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, akses dan pemerataan pendidikan tinggi, serta mendorong pengembangan kawasan dan percepatan pembangunan, terutama di daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan sekitarnya,” imbuhnya.

Daftar ulang calon mahasiswa baru ITB jalur SNMPTN 2022

Kegiatan daftar ulang untuk mahasiswa baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2022 di ITB akan dilaksanakan pada 4-13 April 2022 secara daring. 

Calon mahasiswa bisa mendapatkan informasi tentang pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

ITB menerima calon mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2022/2023 melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN, Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan oleh LTMPT secara nasional, serta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). 

Siswa bisa mendapatkan informasi tentang ketiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut di laman https://admission.itb.ac.id/.

Baca Juga: Lowongan Kerja di BUMN BGR Logistik 2022, Cek Apa Saja Persyaratannya

Sesuai dengan kebijakan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), siswa yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2022 masih mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SBMPTN 2022. 

Pendaftaran calon peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SBMPTN 2022 dapat dilaksanakan di laman https://portal.ltmpt.ac.id, mulai 23 Maret hingga 15 April 2022. 

Siswa bisa membaca lebih lanjut informasi lengkap mengenai pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2022 di laman https://ltmpt.ac.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru