22 kapal yacht mancanegara ramaikan Sabang Marine Festival besok

Rabu, 25 April 2018 | 21:23 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
22 kapal yacht mancanegara ramaikan Sabang Marine Festival besok

ILUSTRASI. Ilustrasi kapal yacht yang mendatangi Indonesia


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Memasuki tahun keempat, Sabang Marine Festival (SMF) yang dikenal sebagai ajang untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada dunia internasional akan diselenggarakan mulai besok pada 26-30 April 2018 dengan mengangkat tema Sabang-Golden Marine Tourism Triangle.

Dalam acara tersebut, dipastikan akan ada 22 kapal yacth dari mancanegara akan ikut meramaikan acara tersebut dengan melakukan berbagai kegiatan seperti Kenduri laot, Art and Performance, yacht Parade, Fun Bike, City Tour Sabang dan Banda Aceh serta meluncurkan Sabang Yacht Club.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata, Indroyono Soesilo mengatakan tema Sabang-Golden Marine Tourism Triangle yang diangkat akan menjadi sarana yang efektif guna mempromosikan Sabang sebagai destinasi marine tourism kelas dunia.

“Kami berharap acara ini bisa mempromosikan Sabang sekaligus mendorong pertumbuhan kawasan segitiga emas yaitu Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT)” ujarnya dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

Menurutnya, SMF 2018 nantinya akan menempuh jalur pelayaran dari Sabang (Indonesia)- Phuket (Thailand)-Langkawi (Malaysia) yang diharapakan dapat menjadi momentum untuk mendorong kerjasama tiga negara tersebut dalam kerangka IMT GT.

“Acara ini kita harapkan bisa dijadikan ajang untuk bekerja sama dengan kedua negara tersebut,” tuturnya.

Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang, Sayid Fadhil mengatakan, penyelenggaran SMF 2018 bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sabang serta melahirkan jalur Regatta Yachting Golden Triangle Saphula (Sabang, Phuket, Langkawi) sebagai jalur tiga destinasi dalam satu paket wisata.

“Selama ini Phuket dan Langkawi menjadi destinasi yacht dunia, ada ratusan kapal disana. Melalui acara ini kita harap bisa menarik mereka ke Sabang” tuturnya.

Selain itu, kata Fadhil acara ini juga dijadikan momen untuk melakukan kompetisi free diving kelas dunia, karena Sabang merupakan salah satu destinasi diving kelas dunia yang memiliki lebih dari 22 diving site.

“melalui acara ini kita proyeksikan tahun ini Sabang akan dikunjungi sebanyak 61 kapal yacht, 9 kapal cruise, dan 6.210 divers,” ujarnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru