3 Kesalahan Fatal saat Mencari Kerja yang Bisa Buat Fresh Graduate Susah Dapat Kerja

Senin, 27 Februari 2023 | 15:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
3 Kesalahan Fatal saat Mencari Kerja yang Bisa Buat Fresh Graduate Susah Dapat Kerja

ILUSTRASI. 3 Kesalahan Fatal saat Mencari Kerja yang Bisa Buat Fresh Graduate Susah Dapat Kerja. KONTAN/Fransiskus Simbolon


MENCARI KERJA -  Ketika melamar kerja, fresh graduate atau lulusan baru terkadang membuat kesalahan yang bisa membuat mereka gagal mendapatkan pekerjaan. 

Setelah lulus dari bangku pendidikan, khususnya perkuliahan, banyak orang tentu ingin segera mendapatkan pekerjaan. 

Ada beberapa hal yang perlu dipahami mahasiswa, terutama pembuatan Curriculum Vitae (CV) untuk melamar kerja. 

CV merupakan tanda pengenal sekaligus pengantar Anda kepada perusahaan. Jika terdapat kesalahan dalam CV, perusahaan tentu tidak tertarik dengan pelamar kerja tersebut. 

Merangkum dari situs Masoem University, berikut ini tiga kesalahan fatal yang wajib dihindari fresh graduate ketika mencari kerja.

Baca Juga: Cek Lagi Tata Cara Pendaftaran SNBP 2023 Buat SIswa Eligible, Besok Terakhir

Kesalahan fatal saat mencari kerja 

1. Tidak melengkapi dokumen persyaratan

Sebelum mengirim dokumen lamaran kerja, sebaiknya pencari kerja membaca secara teliti terlebih dahulu dokumen apa saja yang diminta oleh perusahaan. 

Jangan sampai Anda melampirkan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar dan justru tidak melampirkan apa yang perusahaan minta.

2. Informasi dalam CV terlalu padat

Jika CV yang dilampirkan terlalu banyak informasi yang tidak penting dan tidak terlalu terkait dengan pekerjaan maka hal tersebut bisa berakibat fatal dan hanya akan menghabiskan banyak halaman serta berisiko dianggap tidak menarik menurut Human Resource Department (HRD). 

Hal ini tentu saja tidak Anda inginkan karena HRD adalah divisi paling penting sekaligus gerbang utama saat karyawan baru memasuki perusahaan. 

Pihak HRD atau personalia inilah yang menentukan apakah karyawan baru tersebut layak direkrut atau tidak.  

3. Tidak sesuai persyaratan

Jangan menjadi tipe jobseeker yang tidak membaca atau tidak paham dengan spesifikasi serta persyaratan pekerjaan yang diminta, tetapi tetap melamar pekerjaan tersebut, itu merupakan kesalahan fatal. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Perjanjian Kerja dan Poin yang Wajib Ada di Kontrak Kerja

Jika hal itu terjadi tentu saja HRD tidak akan menilai Anda sebagai kandidat yang berpotensi serta layak untuk diterima.

Pastikan posisi yang Anda lamar sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan pekerjaan bisa lebih tinggi.

Perhatikan tata bahasa dan penulisan dalam CV yang Anda buat. Pastikan tidak ada typo atau salah ketik pada informasi yang Anda sampaikan di CV. 

Pastikan CV yang Anda buat sesuai dengan posisi yang akan dilamar. Contohnya seperti posisi yang dilamar membutuhkan CV kreatif, buatlah CV sekreatif mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru