Edukasi

3 Tips jitu menghadapi psikotes kerja, penting untuk pencari kerja!

Selasa, 20 Oktober 2020 | 14:38 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
3 Tips jitu menghadapi psikotes kerja, penting untuk pencari kerja!

ILUSTRASI. 3 Tips jitu menghadapi psikotes kerja, penting untuk pencari kerja!

KONTAN.CO.ID -  Tidak sedikit perusahaan yang mengadakan sesi psikotes dalam rekrutmen kerja mereka. Soal psikotes diberikan untuk mengukur kepribadian dan etos kerja pelamar kerja. 

Soal psikotes yang diberikan pun beragam tergantung kebijakan instansi. Ada perusahaan yang memberikan satu jenis psikotes, ada yang lebih dari dua. 

Agar lebih siap menghadapi psikotes kerja, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum menghadapi sesi psikotes kerja: 

soal psikotes

  • Istirahat yang cukup

Kurang istirahat dan stres bisa memengaruhi Anda saat mengerjakan soal psikotes. Maka dari itu, sangat penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum menghadapi sesi psikotes.

Tidurlah setidaknya 7-8 jam sebelum jadwal psikotes. Bebaskan pikiran Anda dari pikiran-pikiran yang rumit. 

Baca Juga: Ingin sukses saat psikotes? 5 soal psikotes ini sering muncul di rekrutmen kerja

  • Jadi diri sendiri

Penting bagi Anda untuk menjadi diri sendiri saat mengerjakan psikotes. Tidak perlu melebih-lebihkan kepribadian Anda karena justru membuat Anda kesulitan kelak. 

Pilih jawaban yang jujur dan mencerminkan kepribadian Anda. Tetap tenang dan jangan terburu-buru saat mengerjakan tes agar hasil lebih akurat.

  • Belajar

Psikotes juga bisa dipelajari. Anda bisa mencari di internet soal-soal psikotes yang sering dipakai perusahaan. 

Beberapa website bahkan memberikan kisi-kisi dan trik cara menjawab soal psikotes yang tepat. Soal logika aritmatika atau kemampuan verbal bisa dilatih dengan sering mengerjakan soal. 

Soal-soal tersebut sering muncul di soal CPNS atau ujian masuk perguruan tinggi. Maka dari itu Anda bisa mudah mencari soal-soal latihan psikotes jenis ini.

Selanjutnya: Lowongan kerja 2020 di produsen Wardah Cosmetics untuk lulusan baru

 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru