4 Bahan untuk bersihkan daun tanaman hias biar kinclong

Jumat, 27 November 2020 | 00:00 WIB Sumber: Kompas.com
4 Bahan untuk bersihkan daun tanaman hias biar kinclong


TANAMAN HIAS - Daun tanaman hias juga bisa mengumpukan debu. Tapi tenang, untuk bersihkan daun tanaman hias biar kinclong, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, kok. 

Lapisan debu pada daun tanaman hias akan menghalangi sinar matahari dan mengurangi kemampuan tanaman untuk berfotosintesis. Fotosintesis adalah cara tumbuhan untuk memberi makan dirinya sendiri. 

Rutin membersihkan daun dari debu juga akan mengurangi pekerjaan Anda di kemudian hari. Sebab, daun akan selalu terjaga dalam kondisi bersih dan bebas debu. 

Lalu, seberapa sering harus membersihkan daun dari debu yang menempel? 

Ini bergantung pada kondisi kebun atau tempat tinggal Anda. Jika lokasinya terletak di pinggir jalan berdebu atau di sebelah rumah yang tengah dibangun, Anda perlu membersihkannya lebih sering. 

Baca Juga: Air cucian beras bermanfaat sebagai pupuk tanaman

Cara terbaik mengetahui apakah tanaman sudah perlu dibersihkan adalah dengan mencolek daun dengan jari. Jika bisa merasakan atau melihat lebih banyak debu dari yang bisa ditiup, itu saatnya membersihkan. 

Membersihkan daun dari debu dengan cara dilap sangat mudah Anda lakukan. Anda juga tak perlu repot-repot mencari produk pembersih untuk menghilangkan debu secara optimal.

Tapi, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan yang terdapat di rumah. Berikut sejumlah bahan untuk bersihkan daun tanaman hias biar kinclong, mengutip The Spruce dan Hunker:

1. Susu 

Caranya, campurkan susu dan air dengan perbandingan yang sama. Kemudian, gunakan campuran tersebut untuk mengelap permukaan daun. 

Langkah ini sangatlah efektif untuk menonjolkan kemilau alami dari daun pada tanaman-tanaman Anda. 

Baca Juga: Jangan dibuang, kulit pisang bisa jadi pupuk tanaman

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru