HOME

Air cucian beras bermanfaat sebagai pupuk tanaman

Rabu, 25 November 2020 | 18:00 WIB Sumber: Kompas.com
Air cucian beras bermanfaat sebagai pupuk tanaman

ILUSTRASI. Ilustrasi. Air cucian beras bermanfaat sebagai pupuk tanaman.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda sedang gemar merawat tanaman? Air cucian beras bermanfaat sebagai pupuk tanaman. 

Saat mencuci beras, tidak sedikit orang akan membuang air bekas cucian beras ke lubang wastafel cuci piring karena dianggap tidak lagi perlu. 

Padahal, air bekas cucian beras memiliki manfaat yang sangat baik untuk tanaman maupun tumbuhan lainnya. Air cucian beras bisa menjadi bahan pupuk organik cair atau disingkat POC. 

Baca Juga: Wow, kulit pisang bisa jadi menyuburkan tanaman, benarkah?

Dikutip dari kanal Youtube Organic Nature, Jumat, (20/11/2020), air cucian beras sangat berguna untuk untuk dunia pertanian organik karena ada beberapa faktor. 

Air cucian beras adalah bahan yang sangat baik untuk dipergunakan dalam membuat MOL atau micro organisme lokal. 

Air cucian beras juga dapat secara langsung dipakai sebagai pupuk organik cair untuk dikocorkan pada tanaman yang ada di kebun atau di halaman rumah. 

Penggunaan air beras sebagai pupuk organik cair dapat dilakukan karena air beras memiliki kandungan seperti protein, karbohidrat, lemak serta unsur-unsur hara dan zat perangsang tumbuh yang sangat berguna untuk tanaman. 

Zat perangsang tumbuh pada air beras adalah Vitamin B1 atau thiamin, yang dapat memacu perpanjangan akar tanaman. 

Unsur-unsur hara yang cukup lengkap pada air beras dapat memacu pertumbuhan tanaman menjadi subur, pembungaan dan pembuahan bisa berlangsung lancar, serta tanaman dapat berproduksi sesuai yang diharapkan. 

Untuk menjadikan air cucian beras menjadi POC, kamu hanya memerlukan tambahan gula putih dan MOL tape. Jika MOL tape tidak ada, maka bisa diganti dengan EM4.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menakar air bekas cucian beras sebanyak 1,5 liter. Jika lebih, usahakan dibuat masing-masing air cucian beras menjadi 1,5 liter.   

Air cucian beras sebanyak 1,5 liter bisa Anda tambahkan dengan 2 sendok makan gula putih dan 20 cc MOL tape atau EM4, setelah itu aduk sampai larut. 
Selanjutnya masukkan campuran air cucian beras ke dalam botol air mineral ukuran 1,5 liter dan tutup rapat botolnya. Larutan air cucian beras di dalam botol harus disimpan selama 6 hari. 

Namun, setiap pagi hari tutup botol harus dibuka karena di dalam botol tersebut akan terjadi hasil fermentasi yang hasilnya buangan gas CO2, sehingga harus dibuang setiap pagi dengan membuka tutup botol. 

Setelah 6 hari, maka POC dari air beras sudah siap untuk digunakan dengan cara dikocorkan pada media tanam di kebun atau di pekarangan rumah. 

Salah satu manfaat luar biasa dari POC dari air beras ini adalah kemampuannya untuk memperbaiki sifat fisika, sifat kimia dan sifat biologis tanah. 

Ketika menggunakan POC, tanah yang sudah rusak karena terlalu banyak memakai pupuk kimia akan diperbaiki strukturnya karena pengaruh kandungan baik dari POC air cucian beras. 

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pertanian RI, air cucian beras mengandung 90% karbohidrat yang berupa pati, juga mengandung vitamin, mineral dan protein serta 80 persen protein beras yang disebut protein glutein.(Abdul Haris Maulana) 

Baca Juga: Tidak hanya cantik, ini tanaman yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda

Selanjutnya: Ini tanaman hias yang cocok diletakkan di dalam ruangan

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Dibuang, Air Cucian Beras Bisa Jadi Pupuk Tanaman"

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru