Tidak hanya cantik, ini tanaman yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda

Jumat, 20 November 2020 | 16:20 WIB Sumber: Kompas.com
Tidak hanya cantik, ini tanaman yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda

ILUSTRASI. Ilustrasi. Bambu Hoki cocok ditempatkan di dalam kamar karena bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.


HOBI - JAKARTA. Tidur Anda kurang berkualitas ? Berikut beberapa tanaman yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.  

Menempatkan tempat tidur yang nyaman, menata kembali ruangan, hingga meletakkan lilin aromaterapi mungkin bisa menjadi cara untuk membuat Anda lebih mudah tertidur, namun ternyata meletakkan tanaman hias di kamar tidur juga bisa dapat membantu relaksasi.

Baca Juga: Kulit pisang bisa menyuburkan dan menguatkan batang tanaman, benarkah?

Dilansir Good Housekeeping, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA) menemukan bahwa sejumlah tanaman populer, seperti dracaena dan lidah mertua, dapat membantu membuang racun dan meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan.

Dua faktor tersebut sama-sama merupakan kunci tidur malam yang lebih nyaman dan nyenyak.

Namun, banyak kamar tidur tidak memiliki banyak jendela atau terpapar sinar matahari alami, sehingga pemilihan jenis tanaman hias yang tepat menjadi hal penting.

Secara umum, pilihlah tanaman hias yang dapat hidup dalam kondisi cahaya yang redup.

Jika ruang kamar tidur Anda terbatas, tak perlu repot memikirkan rak, meja atau ruang di lantai untuk menyimpannya.

Anda bisa menggantung tanaman tersebut demi mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Nah, berikut tujuh jenis tanaman hias yang bisa kamu pilih untuk mempercantik kamar tidur sekaligus membantu mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak:

1. Lidah mertua

Menurut Erin Marino dari toko tanaman online the Sill, lidah mertua adalah tanaman hias yang mudah dirawat dan mampu membantu memperbaiki kualitas udara di kamar tidur.

"Tanaman ular terbukti dapat menyaring benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan toluene," katanya, seperti dilansir House Beautiful.

Ia menambahkan, lidah mertua juga merupakan salah satu dari sedikit tanaman hias yang dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari, sesuatu yang dilakukan kebanyakan tanaman di siang hari.

Meletakkan pot kecil lidah mertua di kamar tidur akan membantu meningkatkan kualitas udara di kamar tidur dan membuatmu tidur lebih nyenyak, terutama jika kamu rentan terhadap alergi.

2. Lavender

Mencium minyak esensial lavender terasa menenangkan dan secara otomatis menghilangkan rasa cemas kita.

Oleh karena itu, meletakkan lavender di kamar tidur juga akan memberikan efek serupa ketika kita beristirahat.

"Dedaunan lavender penuh dengan minyak wewangian yang terbukti membantu kita untuk rileks, memperbaiki suasana hati dan membuat kita mudah mengantuk," kata Jesse Waldman dari toko tanaman bunga yang berbasis di Oregon, AS, Pistils Nursery.

Jika ada cukup cahaya di kamar, kamu dapat dengan mudah menanamnya di dalam ruangan.

Namun jika tidak, kamu masih bisa mendapatkan manfaat serupa dengan menempatkan daun lavender kering di bawah bantal untuk sedikit aromaterapi.

3. Golden pothos

Golden pothos adalah tanaman hias yang perawatannya sangat mudah.

Selain cantik, Waldman mengatakan tanaman ini tidak memerlukan terlalu banyak cahaya dan bisa digantung agar menghemat ruang.

4. Philodendron

Tanaman hias dengan daun berbentuk hati yang berwarna hijau cerah ini juga mudah dirawat dan sangat efektif menyerap formaldehida dari udara di dalam ruangan.

Menurut Marino, udara di dalam ruangan yang cenderung kering dapat menjadii penyebab sejumlah penyakit, termasuk masalah pernapasan, sakit tenggorokan, pilek, hingga kulit berjerawat.

"Tanaman dalam ruangan membantu mempertahankan kelembapan dan dalam beberapa kasus dapat meningkatkan tingkat kelembapan dengan mengeluarkan uap air selama transpirasi," ujarnya.

Philodendron juga bisa memberi kesan ruangan yang rindang, sangat bagus terutama untuk rumah dengan langit-langit yang tinggi.

5. Monstera 

Banyak dari kita yang mungkin sering melihat foto-foto tanaman ini di media sosial. Selain cantik, monstera hanya membutuhkan cahaya sedang dan hanya memerlukan penyiraman mingguan. 

Hal ini membuat Monstera cocok untuk menemani waktu santai di kamar tidur. Namun, jika kamu memiliki hewan peliharaan, sebisa mungkin hindari memelihara tanaman hias ini karena dedaunannya dapat mengganggu kucing, anjing atau hewan kecil lainnya. 

6. Bambu hoki 

Seperti namanya, tanaman yang terbilang bandel ini diyakini mampu membawa keberuntungan, rejeki dan pesona kepada siapapun yang merawatnya. Bambu hoki lebih menyukai cahaya sedang, tetapi bisa beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah. 

Jika ditanam di tanah, penting untuk menjaga kelembapannya. Jika tidak, biarkan akar tetap terendam air dan gantilah airnya setiap minggu atau lebih. 

7. Aglaonema 

Ini adalah jenis tanaman lainnya yang tetap bisa tumbuh subur tanpa harus terlalu sering diperhatikan dan sebagian besar aglaonema dapat bertahan hidup pada kondisi cahaya yang redup. 

Tergantung pada variasinya, tanaman ini dapat memiliki sedikit warna merah atau perak. Jika ingin meletakannya untuk mempercantik kamar tidur, pastikan untuk tetap menjaga tanahnya tetap lembap dengan menyiraminya secara teratur.(Nabilla Tashandra) 

Baca Juga: Ini tanaman hias yang cocok diletakkan di dalam ruangan

Selanjutnya: Anda ingin mulai memelihara tanaman hias? Simak dulu beberapa tips berikut ini

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cocok untuk Kamar Tidur, 7 Tanaman Hias Ini Bikin Tidur Nyenyak"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru