Komunitas & Hobi

Anda ingin mulai memelihara tanaman hias? Simak dulu beberapa tips berikut ini

Rabu, 18 November 2020 | 17:11 WIB Sumber: Kompas.com
Anda ingin mulai memelihara tanaman hias? Simak dulu beberapa tips berikut ini

ILUSTRASI. Tanaman hias

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki tanaman hias jadi salah satu hobi yang tengah ngetrend di tanah air. Anda ingin mulai memelihara tanaman hias? Simak dulu tipsnya berikut ini.   

Memiliki hobi baru sangat disarankan untuk mengisi waktu luang di masa pandemi Covid-19. Salah satu yang mungkin bisa Anda lakukan adalah mencoba bercocok tanam di rumah. 

Baca Juga: Ini tips memelihara ikan hias untuk para pemula

Tak heran, saat ini tanaman hias menjadi amat populer. Beberapa jenis di antaranya lantas menjadi memiliki harga yang fantastis. 

Jika mampu, membeli tanaman incaran walaupun dengan harga tinggi tentu saja bukanlah masalah. Namun sebenarnya, Anda tidak harus membeli tanaman hias yang dibanderol dengan harga selangit. 

Beberapa jenis tanaman hias yang tidak langka tidak kalah indah dengan tanaman berharga fantastis.

Menurut Tisi, owner Oranje Garden, belilah tanaman yang disuka dan tentu sesuai dengan anggaran Anda. “Jangan hanya ikut tren, dan memaksakan diri, sampai mengambil anggaran belanja yang wajib misalnya, atau sampai berutang,” kata Tisi. 

Bila memang Anda ingin mulai memelihara tanaman hias, ada baiknya mengikuti tips dari Tisi berikut ini. 

1. Cek penjual tanaman hias

Carilah penjual tanaman yang terpercaya untuk melakukan transaksi. Cek latar belakang penjual, apakah mereka penjual dadakan atau sudah memiliki catatan yang baik. 

Pastikan juga tanaman yang mereka jual bukanlah hasil curian. “Jangan tergiur harga murah, tapi gak jelas asal-usulnya, bisa jadi malah tertipu,” ujar Tisi. 

2. Perhatian menyeluruh bagian tanaman hias

Sebelum membawa pulang tanaman, cek kembali “tubuh” mereka secara keseluruhan. Perhatikan daun, batang dan akar tanaman. 

Jika Anda pemula, usahakan beli tanaman yang sudah memiliki akar yang kuat. “Jangan fresh cutting, kalau belum mahir,” kata Tisi. 

3. Cari tahu cara merawat tanaman hias

Anda juga harus tahu bagaimana merawat tanaman saat sudah tinggal bersama. Sebab, tanaman juga makhluk hidup yang harus dirawat dan dijaga. 
Aktiflah bertanya pada penjual tentang tips merawat tanaman yang Anda miliki. Anda juga bisa mencari tahu di internet terkait kiat-kiat merawat tanaman agar tumbuh subur, bebas hama, dan cantik.(Dian Reinis Kumampung) 

Baca Juga: Menanam jahe di pot bisa, begini caranya

Selanjutnya: Ini loh penyebab ikan cupang jantan suka bertarung

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Ikutan Punya Tanaman Hias? Simak 3 Tips Ini Lebih Dulu"

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru